kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grup Rajawali membeli Four Seasons Jakarta


Selasa, 17 Januari 2012 / 08:39 WIB
Grup Rajawali membeli Four Seasons Jakarta


Reporter: Gloria Haraito | Editor: Edy Can

JAKARTA. Terjawab sudah teka-teki pembeli mayoritas saham Four Seasons Jakarta. Adalah PT Rajawali Corpora yang menjadi pembeli 82% saham Four Seasons dari Kingdom Hotel Investments Co (KHI). Perusahaan yang dimiliki taipan Peter Sondakh ini menyelesaikan transaksi jual beli ini pada kuartal IV-2011.

Transaksi ini terbilang mengejutkan lantaran KHI membeli hotel ini pada bulan Juli tahun 2011 dengan nilai US$ 48 juta. Ini artinya, hanya dalam hitungan bulan anak perusahaan Kingdom Holding Co milik Alwaleed bin Talal bin AbdulAziz Alsaud, keponakan Raja Arab Saudi Abdullah bin AbdulAziz menguasai hotel ini. Alwaleed menjual Four Seasons Jakarta berbareng dengan pelepasan 96% saham KHI di hotel Movenpick Royal Palm Dar es Salaam, Tanzania. Total nilai penjualan dua hotel itu sebesar US$ 93 juta.

Marlene Danusutedjo, Humas Four Seasons Jakarta mengatakan, saat ini, PT Rajawali Corpora tercatat sebagai pemilik Four Season. Namun ia enggan merinci nilai transaksi tersebut. "Maaf, kami tidak dalam kapasitas menyampaikan informasi itu," tutur Marlene kepada KONTAN, kemarin (16/1).

Namun, Sarmad Zok, Presiden Direktur KHI mengatakan, transaksi ini merupakan nilai tambah bagi pemegang saham KHI.
"Kami senang menyadari naiknya nilai investasi yang kami tanam," ujar Sarmad seperti dikutip Arabnews.com, Minggu (15/1). Alwaleed menambahkan, transaksi ini merupakan langkah lanjutan KHI merealisasikan investasinya dalam waktu dekat.

Four Seasons merupakan hotel hotel bintang lima dengan kamar 320 unit. Hotel ini pertama kali beroperasi pada 1995 lalu dengan nama Regent. Kemudian tahun 2004, hotel ini bersulih nama menjadi Four Season.

Selain Four Seasons Jakarta, KHI juga mengempit mayoritas saham di banyak hotel di Tanah Air, seperti Four Seasons Sayan, Four Seasons Jimbaran, dan Raffles Hotel Jimbaran. Selain itu, Kingdom Holding juga tengah membangun Raffles Hotel Jakarta.

Hingga kini, KHI mengempit saham di 22 properti yang tersebar di 15 negara. Tak heran, kalau tahun lalu, Forbes menyematkan Alwaleed sebagai orang terkaya ke-26 di dunia dengan kekayaan sebesar US$ 19,6 miliar.

Sayang, Darjoto Setyawan, Direktur Pengelola Rajawali belum bisa dikonfirmasi mengenai kepemilikan Rajawali di Four Season. Yang jelas, kata Marlene, prospek bisnis hotel cerah. Lihat saja, saat ini banyak hotel baru yang bermunculan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×