kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hankook putar kencang pabrik ban


Rabu, 13 April 2016 / 06:31 WIB
Hankook putar kencang pabrik ban


Reporter: Juwita Aldiani | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Pasar ban Indonesia boleh saja melambat. Namun bagi produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire, Indonesia adalah mesin produksi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, Hankook Tire Indonesia tak ragu berinvestasi di Tanah Air demi meningkatkan kapasitas pabrik di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kapasitas produksi pabrik seluas 60 hektare (ha) tersebut akan mencapai 12 juta unit ban per tahun. Hankook Tire Indonesia akan meningkatkan kapasitas produksi untuk jenis ban kendaraan roda empat berpenumpang, ban ultra-high performance dan ban truk ringan.

Target utama pasar ban tersebut adalah Eropa. Maka tidak mengherankan jika mayoritas produksi ban Cikarang untuk pasar ekspor.

"Sekitar 94% untuk pasar ekspor dan 6% untuk pasar tanah air," terang Hyon Young Seop, Senior Manager Corporate Management Team Hankook Tire Indonesia dalam pernyataan tertulis yang diterima KONTAN, Selasa (12/4).

Salah satu produk ekspor unggulan Hankook Tire Indonesia adalah ban bernama Laufenn. Perusahaan ini mengklaim, produk tersebut sejalan dengan kebutuhan pasar Eropa, mulai dari aspek nilai, kualitas hingga gaya hidup.

Pasar Eropa yang sudah dijamah produk Hankook antara lain Belanda, Amerika Serikat, Irlandia, Jerman, Prancis dan Italia. Hankook Tire Indonesia memproduksi Laufenn sejak kuartal I-2015.

Sejauh ini, produk ban tersebut berkontribusi 20% terhadap total produksi ban di pabrik Hankook Tire Cikarang secara keseluruhan. "Produksi Laufenn ini menunjukkan semakin kuatnya kapasitas produksi kami di Indonesia terutama bagi pasar ekspor," klaim Hyon.

Pusat produksi

Hanya saja, Hankook Tire Indonesia tak sekaligus membeberkan nilai penjualan atas produksi ban di Indonesia. Perusahaan tersebut juga tak membeberkan, besar investasi untuk meningkatkan kapasitas produksi pabrik di Cikarang Jawa Barat tadi.

Patut dicatat, pabrik ban Hankook di Cikarang adalah satu dari delapan pabrik global unggulan Hankook Tire yang tersebar di seluruh dunia. Sejak beroperasi pada tahun 2013, pabrik Hankook Cikarang menjadi basis ekspor ban Hankook untuk kawasan Amerika Utara dan Timur Tengah.

Sementara menurut situs resmi Hankook Tire, perusahaan tersebut mengategorikan empat pasar global. Meliputi Asia Pasifik, Eropa, Latin dan Amerika Utara serta Timur Tengah dan Afrika.

Indonesia yang masuk kategori wilayah Asia Pasifik, adalah satu dari lebih dari 20 negara yang menjadi pangsa pasar ban Hankook.

Dihubungi terpisah, Ketua Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI) Azis Pane bilang, tak bisa memperkirakan nilai investasi yang telah dikucurkan oleh Hankook Tire. Namun dia memperkirakan, target ekspansi Hankook Tire di Indonesia adalah untuk memenuhi permintaan pasar ban truk dan bus radial.

Dalam catatan APBI, permintaan ban truk dan bus radial mulai meningkat karena alasan fungsi. Dus, baik truk maupun bus tak lagi menggunakan ban konvensional. "Lebih tahan, lebih pakem, dan lebih hemat secara operasional," terang Azis.

Sebagai gambaran, pada Desember 2015, KONTAN menuliskan bahwa Pirelli Tires dari Italia dan PT Astra Otoparts Tbk membutuhkan anggaran investasi Rp 1,3 triliun untuk mendirikan pabrik ban baru.

Kedua perusahaan tersebut membentuk perusahaan patungan bernama PT Evoluzione Tyres. Target pasar Evoluzione Tyres cukup spesifik di Indonesia, yakni pasar ban sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×