Harga bawang merah di Pekalongan kembali naik

Minggu, 19 Februari 2017 | 12:54 WIB Sumber: Antara
Harga bawang merah di Pekalongan kembali naik


PEKALONGAN. Harga bawang merah lokal di sejumlah pasar tradisioanl di Kota Pekalongan, Jawa Tengah kembali meningkat. Sebelumnya, harga bawang merah lokal hanya Rp 32.000 per kilogram (kg) kini naik menjadi Rp 48.000 per kg. 

Sejumlah pedagang sembako di Pasar Grogolan, Nurahmah di Pekalongan, Minggu (19/2), mengatakan bahwa kenaikan harga bawang merah dipicu dengan kondisi cuaca buruk yang terjadi di daerah penghasil bawang, seperti di Kabupaten Brebes. "Belum lama ini, di sejumlah wilayah Kabupaten Brebes terjadi banjir sehingga banyak tanaman bawang merah terandam air sebelum di panen. Akibatnya, pasokan bawang merah berkurang dan menimbulkan kenaikan harga jenis bumbu ini," katanya.

Meski pasokan bawang merah mulai berkurang tetapi persediaannya masih relatif cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pedagang bumbu dan sayuran, Sonadi mengatakan saat ini persediaan bawang merah lokal belum sampai menimbulkan kelangkaan karena pasokannya masih bisa diperoleh dari penghasil bawang asal Weleri, Kabupaten Kendal.

"Stok bawang merah lokal masih relatif cukup. Hanya saja, kami tidak tahu persis terhadap kenaikan harga bawang merah lokal ini," katanya.

Menurut dia, kenaikan harga bawang merah ini justru diikuti dengan turunnya harga cabai merah rawit yang semula mencapai Rp 140.000 per kg kini menjadi sekitar Rp 120.000 per kg.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru