kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari ini puncak arus balik long weekend


Minggu, 20 Mei 2012 / 08:43 WIB
Hari ini puncak arus balik long weekend
ILUSTRASI. Prospek emiten tambang BUMN diprediksi cerah karena harga komoditas yang tinggi.


Reporter: Barratut Taqiyyah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

BANDUNG. Volume kendaraan dari luar Bandung yang memasuki kota berjuluk Paris van Java selama libur panjang akhir pekan ini, diperkirakan mencapai 200-220 ribu per hari.

"Sekitar 40-50 ribu di antaranya merupakan kendaraan asal Ibukota. Sisanya, dari berbagai daerah lain. Sekitar 70%, kendaraan-kendaraan itu masuk ke Bandung melalui pintu Tol Pasteur," kata Humas PT Jasa Marga Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) Iwan Mulyawan, Sabtu (19/5).

Iwan memprediksi, puncak kepadatan lalu lintas terjadi pada hari ini, Minggu (20/5), saat arus balik. "Hal itu karena hari Minggu merupakan hari terakhir libur panjang. Jadi, mereka yang selama empat hari berlibur di Bandung, kembali ke daerahnya masing-masing," jelas Iwan.

Indikasi puncak arus balik, terlihat pada penjualan tiket kereta api (KA) Argo Parahyangan Bandung-Jakarta. Tiket arus balik, khususnya KA Argo Parahyangan dari Bandung ke Jakarta, untuk perjalanan Minggu mencapai 100%.

"Rata-rata okupansi penumpang arus balik sebanyak 100%," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) II Bandung Bambang Setya Prayitno.

Agar dapat terlayani, kata Bambang, pihaknya mengoperasikan tujuh rangkaian KA Argo Parahyangan Bandung-Jakarta. Pada akhir pekan, menurut Bambang, pihaknya menambah dua rangkaian. Namun, katanya, jadwal pengoperasiannya tentatif tergantung pada kebutuhan.

Selain itu, kata Bambang, pihaknya pun menambah 1-3 gerbong untuk setiap rangkaian. Pria berkaca mata berpendapat, beberapa hari menjelang libur panjang Kenaikan Isa Al Masih, arus penumpang dari Jakarta ke Kota Kembang, khususnya yang memakai KA Argo Parahyangan, sangat tinggi.

"Okupansinya 100%," cetus Bambang. Kondisi ini berbeda pada hari biasa, yang okupansinya rata-rata berkisar antara 60-70%.

"Kapasitas angkutnya ditambah. Untuk setiap rangkaian KA selama long weekend, ditambah 2 sampai 3 gerbong," tutur Bambang. (Yaspen Martinus/Tribunnews)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×