kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,69   -8,68   -0.88%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Helios Informatika luncurkan produk komputasi awan


Selasa, 23 Januari 2018 / 18:25 WIB
Helios Informatika luncurkan produk komputasi awan
Helios gandeng Microsoft Luncurkan Layanan Cloud


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Helios Informatika Nusantara (Helios) meluncurkan produk layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud. Adapun, anak usaha CTI Grup ini menggandeng Microsoft dalam penyediaan dan pengembangan teknologi cloud.

Kebutuhan industri terhadap layanan komputasi awan semakin digandrungi oleh banyak pelaku usaha, terlebih untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja. Dengan meluncurkan produk ini, Helios berencana untuk membidik berbagai sektor industri, terutama di level kecil dan menengah termasuk start up.

Deddy Sudja, President Director Helios mengatakan, adopsi Cloud di Indonesia terus meningkat. "Yang tadinya hanya collaboration tools, email, dan office 365, sekarang sudah banyak customer yang menanyakan bahkan sampai ke aplikasi core mereka," ujar Deddy di Jakarta, Selasa (23/1).

Sebagai gambaran, produk komputasi awan yang ditawarkan oleh Helios Cloud berupa layanan cloud untuk platform as a services (Paas) dan Infrastruktur as a services (Iaas) IT hasil kolaborasi Azure untuk kebutuhan komputasi, analitik, penyimpanan, dan jaringan. Produk lainnya yaitu Office 365 yang untuk mengakses data dan dokumen secara virtual dari mana saja, serta pengembangan aplikasi untuk membuat marketplace.

Literasi mengenai sistem komputasi awan di dunia industri kecil dan menengah menjadi salah satu tantangan bagi pemain bisnis komputasi awan, terlebih yang ingin membidik sektor UMKM.

Terkait hal itu, Deddy menjelaskan, kehadiran sistem komputasi awan atau cloud bagi pemain bisnis di sektor UMKM bakal mempermudah mereka untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Pasalnya, para pemain bisnis UMKM bisa fokus pada pengembangan bisnisnya. "Pemain UMKM fokus ke bisnisnya saja, kami akan menangani urusan digital," ungkapnya. Sebagaimana diketahui, sudah banyak pelaku usaha yang mengembangkan sistem digital untuk mempercepat peningkatan skala bisnisnya.

Untuk menggunakan layanan Helios Cloud, perusahaan mematok biaya mulai dari Rp 2.000 untuk pembuatan email, domain, dan sebagainya. Deddy pun mengklaim, pihaknya menyediakan layanan lokal untuk keperluan setup, migrasi, adminitrasi, dan juga konsultasi gratis. Untuk mengakses Helios Cloud, pengguna dapat masuk melalui link https://cloud.helios.id/. (Klaudia Molasiarani)


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×