kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indosat Ooredoo catat kenaikan trafik data 73% selama libur Lebaran


Rabu, 20 Juni 2018 / 13:19 WIB
Indosat Ooredoo catat kenaikan trafik data 73% selama libur Lebaran
ILUSTRASI. Gerai Indosat


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indosat Tbk (ISAT) pada masa libur panjang mengalami kenaikan trafik yang signifikan. Indosat Ooredoo mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik dan bersilaturahmi dengan sanak saudara.

Indosat Ooredoo telah mengantisipasi kenaikan trafik dengan menaikkan kapasitas jaringan, melakukan pemantauan intensif kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), pemantauan kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), serta mengaktifkan Command Center Lebaran yang beroperasi 24 jam.

Umar Hadi, Group Head Network Operations Indosat Ooredoo yang sekaligus menjadi Ketua Festive Lebaran 2018 mengatakan, jaringan Indosat Ooredoo sukses dalam melayani kebutuhan telekomunikasi 96,2 juta pelanggan selama masa mudik dan libur Lebaran tahun ini.

Hal tersebut merupakan wujud dari upaya yang dilakukan bersama lewat peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui INOC, pemantauan kualitas layanan melalui ISOC, serta mengaktifkan Command Center Lebaran.

"Hal tersebut kami lakukan sebagai komitmen untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan untuk menikmati perjalanan mudik, bersilaturahmi dengan saudara, dan menikmati masa libur Lebaran ini," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (20/6).

Indosat Ooredoo mencatat peningkatan trafik tertinggi untuk penggunaan data yakni pada puncak arus mudik atau bertepatan dengan H-3 Lebaran sebesar 5.338,47 terabyte per hari, atau naik 49,70% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Sementara itu, penggunaan data pada hari raya Idul Fitri 1439H sebesar 4.867,58 terabyte per hari atau meningkat 73,03% dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut sejalan dengan tren penggunaan social media yang semakin meningkat, baik sebagai hiburan saat menemani perjalanan mudik maupun untuk bersilaturahmi.

Berbeda dengan layanan data, trafik layanan suara dan SMS cenderung turun selama Lebaran 2018. Bila dibandingkan dengan trafik reguler harian biasa, trafic voice pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 153,91 Juta menit, atau turun sekitar 17,37% dan trafik SMS di hari Lebaran menurun menjadi sekitar 137,18 juta SMS, atau turun 15,11%.

Keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 94,83% dan 95,32% untuk tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat Ooredoo maupun antar operator walau terjadi kepadatan jalur pengiriman.

Indosat Ooredoo juga memastikan melayani dengan baik melalui pemantauan jaringan yang dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre. Command Center beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Pemantauan juga dilakukan oleh fasilitas Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang memantau kualitas layanan aplikasi yang biasa digunakan pelanggan seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, Facebook, Spotify, Iflix, dan lain sebagainya.

Melalui fasilitas ini, Indosat Ooredoo memastikan bahwa tidak hanya kestablian jaringan namun juga kualitas dari masing?masing aplikasi berada dalam kondisi yang baik untuk mendukung aktivitas mudik dan Lebaran pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×