: WIB    --   
indikator  I  

Ini daftar 5 vendor ponsel terbesar di Indonesia

Ini daftar 5 vendor ponsel terbesar di Indonesia

JAKARTA. Bisnis ponsel memang menggiurkan. Tak ayal, banyak vendor ponsel global maupun lokal berebut lahan di industri ini. Berikut adalah data lima besar vendor ponsel yang gencar memasarkan produk di Indonesia selama kuartal III 2012.

Data vendor ini hasil riset yang dipublikasikan International Data Corporation (IDC) Indonesia. Kategori sebagai lima vendor ponsel terbesar di Indonesia diperoleh setelah IDC melakukan penghitungan unit ponsel yang dikapalkan atau dikirim ke Indonesia.

Urutan daftar vendor ini tidak berdasarkan pada peringkat. Sebab, IDC tidak menyajikan angka pasti jumlah unit ponsel yang dipasarkan oleh masing-masing vendor.

"Kelima besar vendor ini semuanya berdasarkan unit (jumlah pengapalan),” kata Darwin Lie, Associate Market Analyst Market Analyst for Client Devices Research, International Data Corporation (IDC) Indonesia di Jakarta, Rabu (21/11).

Data IDC menyebutkan, pengapalan ponsel Indonesia pada kuartal III 2012 berjumlah 15,5 juta unit. Namun sayangnya, Darwin tau mau mengungkapkan angka detail pasar lima vendor ponsel tersebut.

Berikut daftar lima vendor ponsel terbesar di Indonesia:

Nokia

Nokia saat ini masih masih mendominasi pangsa pasar melalui produk featurephone. Produk Nokia yang menjadi idola itu adalah; Nokia seri X dan Asha.

Cross

Cross, salah satu vendor perakitan ponsel terbesar di Indonesia ternyata mencatat pengapalan yang luar biasa di kuartal III 2012. Selain itu, penawaran harga yang murah dan lini produk yang mencapai lebih dari 40 tipe, membuat ponsel Cross masuk dalam jajaran lima besar vendor ponsel di Indonesia.

Samsung

Samsung kokoh sebagai salah satu vendor ponsel terbesar di Indonesia. Selain memiliki ponsel android, Samsung juga memiliki ponsel yang banyak digemari karena harganya murah, yakni ponsel seharga US$ 20 atau sekitar Rp 180.000 per unit.

MITO

Sementara itu, MITO juga masuk dalam lima besar vendor ponsel terbesar di Indonesia. Pada kuartal III 2012, MITO mencatat pertumbuhan penjualan 44% dibandingkan kuartal II tahun yang sama.

RIM

Sementara itu, Research In Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry juga masih kokoh sebagai salah satu vendor ponsel terbesar di Indonesia. Pada kuartal III 2012, RIM membuktikan BlackBerry masih diminati oleh penggemar ponsel di Indonesia.

 


Reporter Margareta Engge Kharismawati
Editor Asnil Bambani Amri

PASAR PONSEL

Feedback   ↑ x
Close [X]