kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini daftar BUMN yang memiliki bisnis rumah sakit besar, siapa saja?


Kamis, 30 Januari 2020 / 04:21 WIB
Ini daftar BUMN yang memiliki bisnis rumah sakit besar, siapa saja?
ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir (tengah). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/pd.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki bisnis rumah sakit, kendati perusahaan negara tersebut sebenarnya tak bergerak khusus di bidang kesehatan. Itulah sebabnya, Menteri BUMN Erick Thohir berencana merombak bisnis rumah sakit yang dimiliki BUMN itu.

Rencananya, Erick Thohir akan membentuk sebuah holding yang akan menyatukan rumah sakit milik anak cucu perusahaan BUMN. Sehingga BUMN bisa fokus pada inti bisnis utamanya. Semangat pembentukan holding rumah sakit BUMN sendiri sebenarnya sudah muncul sejak Menteri BUMN Rini Soemarno. Holding BUMN rumah sakit ditargetkan bisa selesai pada Juni 2020 mendatang.

Rumah sakit yang dimiliki BUMN ini tersebar di banyak provinsi, dari rumah sakit kecil hingga rumah sakit besar dengan fasilitas dan layanan kesehatan lengkap. Berikut deretan rumah sakit BUMN yang skala bisnisnya cukup besar di Indonesia:

Baca Juga: Kementerian BUMN bidik aset hasil sitaan dari tersangka kasus Jiwasraya

1. Pertamina

Untuk sektor usaha rumah sakit, Pertamina adalah BUMN yang memiliki jaringan terbesar. Pengelolaan rumah sakit Pertamina berada di bawah PT Pertamina Bina Medika. Rumah sakit Pertamina banyak tersebar di daerah-daerah yang memiliki kantong-kantong karyawan Pertamina cukup besar, seperti Cirebon, Balikpapan, Jakarta, dan Prabumulih. Dari deretan rumah sakit besar yang dimiliki Pertamina itu, yang fasilitasnya cukup lengkap di antaranya RS Pertamina Pusat, RS Pertamina Jaya, RS Pertamina Cilacap, RS Pertamina Balikpapan, dan RS Pertamedika Tarakan.

Baca Juga: Krakatau Steel bikin repot perbankan?

2. Pelni

Berlokasi di jantung kota Jakarta di kawasan Tanah Abang, RS Pelni cukup populer jadi tempat rujukan berobat warga ibu kota. Rumah sakit milik Pelni ini sebelumnya merupakan rumah sakit tua peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1918. Dulunya, RS ini bernama KPM Ziekenhuis (rumah sakit KPM) yang khusus beroperasional melayani anak buah kapal dan keluarga dari sebuah perusahaan pelayaran Belanda. Fasilitas dan layanan di RS Pelni terbilang sangat komplit seperti layanan jantung, mata, endokrin, hati, MCU, dan sebagainya.

Baca Juga: Catat, Erick Thohir pastikan perlindungan dan pembayaran klaim nasabah Jiwasraya

3. Antam

Anggota holding BUMN tambang ini memiliki rumah sakit besar di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur yakni RS Antam Medika. RS ini memiliki tiga layanan utama yakni layanan umum, layanan penunjang, dan layanan unggulan. Pelayanan kesehatan umum meliputi, Instalasi Gawat Darurat (IGD), jawat jalan yang terdiri dari poliklinik umum, poliklinik spesialis serta poliklinik subspesialis, rawat inap, rawat intensif (ICU,HCU, PICU dan NICU).

Baca Juga: Jiwasraya masih punya utang ke BRI dan BTN




TERBARU

[X]
×