INDUSTRI
Berita
Ini nama baru bandara Sepinggan

POLEMIK NAMA BANDARA

Ini nama baru bandara Sepinggan


Telah dibaca sebanyak 687 kali
Ini nama baru bandara Sepinggan

SAMARINDA. Polemik perubahan nama Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, akhirnya mencapai titik temu. Kesepakatan soal nama baru bandara tersebut sudah ditandatangani.

“Kami sudah menyepakati penambahan nama Bandara Internasional Sepinggan menjadi Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan," kata Gubernur Kalimantan Timur, Awang Farouk Ishak, dalam konferensi pers, Selasa (4/2).

Dia mengatakan Wali Kota Balikpapan termasuk penandatangan kesepakatan itu dalam rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Kesepakatan itu, kata Awang, disepakati oleh semua unsur FKPD Kalimantan Timur dan Balikpapan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Pemerintah Kabupaten Paser.

“Tidak hanya Wali Kota Balikpapan saja yang setuju, Ketua DPRD Kota Balikpapan juga setuju tapi tidak hadir karena ada tugas dan diwakilkan langsung oleh Wali Kota Balikpapan. Intinya semua sudah setuju, dan proses penambahan nama sudah selesai,” tegas Awang.

Menurut Awang, seluruh peserta rapat sepakat pula untuk turut melakukan sosialisasi perubahan nama itu. Awang menyebutkan perubahan nama Bandara Sepinggan diatur dalam Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 553/K.37/2014 tertanggal 17 Januari 2014.

 “Persoalan nama bandara stop sampai di sini, jangan ada lagi berita-berita terkait polemik. Semua sudah setuju dan surat kesepakatan telah ditandatangani bersama-sama tanpa ada unsur paksaan,” tegas Awang seraya menunjukkan surat kesepakatan itu.

Di tempat yang sama, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi enggan berkomentar. Dia hanya mengatakan perubahan nama bandara dibahas melalui rapat bersama Gubernur. “Semua sudah dibahas dalam rapat dengan Gubernur,” tepis dia.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Timur Mukmin Faisyal HP, Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky W Usman, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur Irjen Pol Dicky D Atotoy, dan Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma Brigjen TNI Nono Suharsono.

Hadir pula dalam rapat itu, Kepala BIN Kalimantan Timur Brigjen TNI Soedarmo, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Amri Sata, Wali Kota Balikpapan Rizal Efendi, Kepala Kepolisian Resor Balikpapan AKBP Andi Azis Nizar SIK, dan Komandan Kodim/0905 Balikpapan Letkol Inf Dwi Endrosasongko.

Juga hadir, Komandan Pangkalan Udara Balikpapan Kol Pnb Tri Bowo Budi Santoso, Komandan Pangkalan Laut Balikpapan Kol Laut (P) Ariantyo Condrowibowo, Wakil Bupati Kutai Kartanegara Ghufron Yusuf, dan Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Paser Muslich Lathief. (Yovanda Noni)

Editor: Asnil Bambani Amri
Sumber: Kompas.com
Telah dibaca sebanyak 687 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Simak sektor mana saja yang prospektif!

    +

    Sejak awal tahun hingga 22 September 2014, saham-saham sektor perbankan memberikan return terbesar.

    Baca lebih detail..

  • Meramal gerak IHSG setelah rekor

    +

    Analis berbeda pendapat soal prospek kinerja IHSG ke depannya.

    Baca lebih detail..