kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini resep jitu Epson dan Canon memenangkan persaingan sengit di pasar printer


Selasa, 23 Januari 2018 / 20:18 WIB
Ini resep jitu Epson dan Canon memenangkan persaingan sengit di pasar printer
Peluncuran produk printer Epson


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski saat ini dibilang era digital, nyatanya printer masih dibutuhkan. Oleh karena itu pelaku industri terus menawarkan produk baru di pasaran.

Riswin Li Senior Manager Product Marketing PT Epson Indonesia menjelaskan Epson akan segera meluncurkan produk baru pada kuartal II-2017. "Tahun ini lebih dari 5 model akan kami luncurkan," jelas Riswin.

Menurutnya tipe Printer Ink Tank memang sedang menjadi tren di konsumen. Estimasinya sekitar 55% sampai 60% sudah beralih ke printer di sistem ini. Riswin mengklaim Epson adalah pioneer atau vendor pertama yang meluncurkan printer tipe ini di 2010.

"Sampai saat ini merupakan market leader," katanya.

Sampai kuartal III-2017, market share Epson sekitar 47% di pasar printer Indonesia. Sayangnya untuk target belum dibeberkan oleh Epson.

Menurutnya, Epson akan meluncurkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Salah satu hasilnya adalah Printer Epson L-Serie (Printer Sistem tangki tinta) yang dibuat berdasarkan masukan dari konsumen.

"Kami punya dukungan after sales service yang tersebar hampir seluruh Indonesia (127 lokasi)," jelasnya.

Sedangkan Marselinus Tjhai, Marketing Manager of Canon Consumer System Product Division PT Datascrip menjelaskan pada 2017 ada peningkatan pada penjualan Canon Laser Printer.

"Hampir 70% growth di 2017 berbanding 2016 secara nasional," klaim Marselinus kepada KONTAN, Selasa (23/1).

Namun demi memperkuat pasar printernya, Canon akan memperkenalkan 9 printer inkjet terbaru. Menurutnya permintaan printer dengan Inktank semakin diminati, dan Canon sejak akhir 2016 lalu sudah ikut menggarap pasar ini.

"Sedangkan untuk Printer Laser masih didominasi penggunanya dari kalangan perkantoran, yang menuntut printer dengan low maintenance cost dan high durability," jelasnya.

Market share Canon untuk Laser Printer kuartal III- 2017 diklaim sebesar 16%. Sedangkan untuk Inkjet Printer, sejak 1999 Canon mengklaim tetap menjadi nomor pertama. Dengan besaran market share kuartal III- 2017 sebesar 41%.

Marselinus menjelaskan Canon punya strategi untuk selalu siap menyesuaikan diri dalam mengantisipasi perubahan pasar. Menurutnya semua produk printer Canon dijaga keseimbangannya antara kualitas yang didapat oleh pengguna dengan harga yang mereka bayarkan.

Misalnya pada periode tertentu, Canon berikan promo-promo khusus bagi pelajar hingga korporasi, sehingga produk tetap terjangkau dan diserap oleh pasar. "Ekspansi jangkauan service kami di Indonesia juga terus meluas, dan kini menjangkau hingga 410 kota dan kabupaten di Indonesia," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×