: WIB    —   
indikator  I  

Ini rute baru AirAsia dari Makassar

Ini rute baru AirAsia dari Makassar

JAKARTA. AirAsia Indonesia kian serius menggarap pasar penerbangan di Indonesia. Keseriusan ini terlihat dari rencana ekspansi rute maskapai asal Malaysia ini ke kawasan timur Indonesia.

Untuk itu, AirAsia akan menetapkan Makassar sebagai hub (stasiun penghubung) untuk rute baru di Makassar. Hal tersebut disampaikan Dharmadi, Chief Executive Officer (CEO) Air Asia Indonesia di acara 'Menuju Ulang Tahun AirAsia Indonesia ke-8' di Senayan City, Jakarta, Rabu (28/11).

"Dari Makassar akan ada penerbangan ke Kota Kinabalu, Surabaya, Denpasar, ke Manado," ujar Dharmadi. Sekarang ini, rute AirAsia dari Bandara Hasanuddin, Makassar baru melayani tujuan Makassar-Kuala Lumpur, Makassar-Jakarta, dan Makassar-Balikpapan.

AirAsia menargetkan, rute baru di Indonesia timur bisa terealisasi sebelum tutup tahun 2012. Sebab, AirAsia akan mendapatkan dua pesawat baru, yakni Airbus A320 yang akan diparkir di Makassar. "Dua pesawat itu datang minggu depan. Setelah datang, kami langsung operasikan," jelas Dharmadi.

Dari rencana rute kawasan timur itu, terdapat rute Makassar-Ambon yang masih dalam tahap pertimbangan. Dharmadi bilang, rute Makassar-Ambon mungkin direalisasikan tahun depan.

"Kalau pasarnya memungkinkan, maka kami berangkatkan dari Makassar. Tapi bisa juga berangkat dari Bali atau Jakarta," ujar Dharmadi.

Selain Ambon, Dharmadi juga mempertimbangkan penerbangan dari Makassar ke salah satu kota di Filipina. "Untuk rute ke Filipina menjadi perencanaan lima tahun ke depan," tambahnya.


Reporter Oginawa R Prayogo
Editor Asnil Bambani Amri

EKSPANSI AIRASIA

Feedback   ↑ x
Close [X]