kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini tips mengeluarkan duit secara aman dan nyaman selama mudik, versi Visa


Jumat, 08 Juni 2018 / 15:10 WIB
Ini tips mengeluarkan duit secara aman dan nyaman selama mudik, versi Visa
ILUSTRASI. Presiden Direktur Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri, transaksi non-tunai cenderung lebih deras dibanding biasanya. Pasalnya, pengeluaran semasa musim mudik lebih tinggi.

Riset yang digelar Visa Indonesia menunjukkan, volume dan jumlah transaksi elektronik semasa periode liburan tersebut tumbuh sebesar 13,2% dan 11,4% dibandingkan tahun sebelumnya, baik di toko ritel maupun online.

"Perubahan positif ini mencerminkan pergeseran cara membayar masyarakat dari menggunakan tunai menjadi pembayaran elektronik untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri," tulis Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (8/6).

Sementara itu, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memprediksi, penjualan sektor ritel selama periode lebaran tahun ini akan mengalami peningkatan sebesar 25% dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan studi Consumer Payment Attitudes terbaru Visa, 42% responden menyatakan sudah pernah mencoba hidup tanpa tunai, sedangkan 72% responden merasa percaya diri dapat hidup tanpa uang tunai selama 24 jam.

“Survei tersebut juga menunjukkan bahwa semakin sedikit masyarakat Indonesia yang masih mengandalkan uang tunai karena mereka sudah berpindah ke pembayaran elektronik dan merasa lebih aman menggunakan kartu pembayaran,” tambah Riko.

Meluasnya penetrasi smartphone dan konektivitas internet juga telah mempengaruhi kebiasaan belanja masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri

Masyarakat sangat memprioritaskan kenyamanan, kecepatan, keamanan; wajar bila banyak yang lebih suka berbelanja secara online dan menggunakan pembayaran elektronik untuk bertransaksi, baik untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun mempersiapkan perjalanan mudik.

Studi Visa ini juga menunjukkan bahwa 8 dari 10 responden berbelanja secara online setidaknya satu kali dalam sebulan, dengan fashion (59%) dan travel (49%) menjadi kategori yang paling banyak diminati dalam 12 bulan terakhir.

Riko menambahkan, beragam manfaat pembayaran elektronik juga akan turut mendorong pergeseran tren dari tunai menjadi non-tunai selama mudik Lebaran nanti.a

“Pembayaran elektronik menawarkan banyak manfaat seperti detail transaksi pembayaran yang terdata dengan jelas, beragam promo spesial menarik dari merchant, dan pembayaran juga lebih aman. Cara membayar juga beragam, bisa pakai kartu (kredit atau debit), uang elektronik, atau melalui aplikasi mobile banking,” ujar Riko.

Visa selaku penyedia jasa sistem pembayaran mengimbau sejumlah tips agar transaksi pembayaran lebih aman saat mudik.

Pertama, mulai mengandalkan kartu pembayaran yang memudahkan memesan hotel dan tiket pesawat secara online menjelang mudik. Kedua, saat bepergian, jangan terlalu banyak membawa uang tunai.

Ketiga, cari kartu pembayaran yang memberikan penawaran khusus selama bulan Ramadan.

Serta melakukan belanja online dengan aman. Sambil menjaga kartu kredit dan debit dengan menjaga kerahasiaan informasi kartu seperti nomor PIN, password dan informasi rahasia lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×