kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jababeka Residence rangkul komunitas melalui car free day


Senin, 07 Mei 2018 / 09:45 WIB
Jababeka Residence rangkul komunitas melalui car free day
ILUSTRASI. CFD Jababeka Residence


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dengan populasi yang bertambah setiap tahun, Jababeka Residence membangun kawasan residensial yang dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Berbagai fasilitas dibangun untuk mengakomodasi kaum milenial dan keluarga muda yang produktif.

Tidak hanya pembangunan secara fisik, Jababeka Residence juga membuat program sosial yang melibatkan warganya. Salah satunya adalah program Jababeka Car Free Day yang diinisiasi bersama Pemda Bekasi.

Kegiatan Car Free Day di kawasan Jababeka Residence sudah dimulai sejak tahun 2015 dengan lokasi di Jl. H. Usmar Ismail sampai Jl. Ki Hajar Dewantara. Jababeka Car Free Day merupakan kegiatan Car Free Day pertama di Timur Jakarta yang diadakan atas kolaborasi antara developer dan pemerintah daerah.

Seiring perkembangannya, masyarakat yang berpartisipasi pada Jababeka Car Free Day tidak hanya berasal dari kawasan Jababeka Residence saja tetapi juga dari kawasan lainnya. Sejumlah kegiatan olahraga dan kebudayaan diadakan di Jababeka Car Free Day, seperti Cikarang Run 10K, senam jantung sehat, zumba, bazaar rakyat dan panggung seni.

Pada awal 2018, Jababeka Car Free Day mulai diadakan rutin setiap minggu sebagai upaya kampanye pola hidup sehat kepada masyarakat. Pihak pemerintah maupun swasta turut berpartisipasi dengan adanya layanan seperti pembuatan e-KTP, pendaftaran BPJS Kesehatan, Samsat dan beberapa booth sponsor dari tenant kawasan industri Jababeka.

“Car Free Day membawa banyak hal positif bagi kawasan Jababeka yang kini populasinya mencapai 1,2 juta jiwa. Masyarakat datang dari segala tingkat usia dengan berjalan kaki, bersepeda, jogging, senam, bermain futsal dan lainnya. Artinya, masyarakat yang ada di Jababeka dan sekitarnya dapat membiasakan gaya hidup sehat di keluarganya sejak dini." kata Presiden Direktur Jababeka Residence, Sutedja S. Darmono, Minggu (6/5).

Selain itu, lanjut Sutedja, Car Free Day juga dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan diri. Misalnya penampilan dari Drum Band SMA Presiden pada saat peresmian Jababeka Car Free Day. Masyarakat dan komunitas dapat memanfaatkan Jababeka Car Free Day untuk menggali potensi kreatif yang ada dalam diri mereka.

Membangun wadah bagi komunitas merupakan prioritas dan implementasi dari visi kota mandiri terintegrasi Jababeka. Dalam beberapa tahun terakhir, fasilitas-fasilitas di kawasan Jababeka seperti Jababeka Golf & Country Club, President University, Jababeka Convention Center dan Hollywood Junction telah melahirkan beragam komunitas lokal dan internasional, misalnya Jababeka Runners, Klub Fotografi Jababeka, Urban Cikarang, hingga Cikarang Japan Club.

Komunitas dari luar kawasan Cikarang pun turut memanfaatkan fasilitas kawasan Jababeka untuk program-program komunitasnya, misalnya Pesona Budaya dari Abang Mpok Kabupaten Bekasi dan Stand Up Comedy Bekasi.

Komunitas yang ada di kawasan Jababeka tumbuh seiring dengan pengembangan kawasan yang dilakukan Jababeka dalam beberapa tahun terakhir. Fasilitas-fasilitas yang dimiliki Jababeka dapat membantu komunitas-komunitas untuk mencapai potensinya secara maksimal. Jika tercapai, maka pengembangan kawasan Jababeka telah memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Kegiatan Jababeka Car Free Day pada Minggu (6/5) dilakukan bersamaan dengan puncak acara Jababeka Eco Week 2018, yaitu Fun Bike dengan titik kumpul di pelataran pusat kuliner Hollywood Junction. Lebih dari 3000 orang turut berpartisipasi dalam kegiatan Fun Bike yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan kendaraan bermotor yang dapat mempengaruhi kualitas lingkungan hidup.

Gaung Jababeka Car Free Day telah mendapat perhatian pemerintah pusat, terbukti kegiatan Fun Bike di Jababeka Car Free Day mendapat dukungan penuh dari Kementerian Lingkungan Hidup RI dan Kementerian Tenaga Kerja RI.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×