: WIB    --   
indikator  I  

Kadin: Pengusaha harus agresif hadapi MEA

Kadin: Pengusaha harus agresif hadapi MEA

JAKARTA. Ketua Umum DPP Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengungkapkan pengusaha di dalam negeri harus lebih agresif meningkatkan daya saing untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Pasalnya jika pengusaha hanya berpangku tangan menunggu uluran tangan pemerintah, pengusaha asing akan merebut pasar di dalam negeri. "Intinya jangan berpikir defensif saja, asean community hanya lebih bermanfaat bagi negara asean lain," ujar Suryo di Jakarta, Kamis (27/11).

Suryo memberi contoh, PT PLN (persero) seharusnya bisa membangkitkan listrik tak hanya di dalam negeri saja, tapi juga di negara Asean lainnya. Hal ini didukung dengan adanya sumber daya alam batubara yang melimpah, untuk mengisi pembangkit listrik.

"PLN bisa jadi pembangkit listrik di negara Asean semua membutuhkan listrik. Batubara melimpah, salah satu sektor yang manfaatkan dari kemudahan ASEAN," jelas Suryo.

Suryo memaparkan jika Indonesia bisa menguasai satu sektor, maka daya saing meningkat. Dalam hal ini Suryo berharap PLN bisa menjadi perusahaan pembangkit listrik yang dibutuhkan negara lain saat menghadapi MEA.

"Industri pembangkit listrik kita punya komparatif karena kita produksi bahan baku. Bangun pembangkit listrik yang semuanya memerlukan listrik dan energi, salah satu sektor," kata Suryo. (Adiatmaputra Fajar Pratama)


SUMBER : TribunNews.com
Editor Yudho Winarto

MEA 2015

Feedback   ↑ x