kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kawan Lama Group geber bisnis online


Selasa, 20 Februari 2018 / 10:00 WIB
Kawan Lama Group geber bisnis online


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu lini bisnis Kawan Lama Group yakni PT Kawan Lama Sejahtera kian gesit kembangkan bisnis, salah satunya di bisnis online. Saat ini saja sudah ada sejumlah situs online yang bercokol di perusahaan tersebut. Sebut saja Kawanlama.com, Ruparupa.com, klikMRO.com serta Krisbow.com.

Nah, kalau biasanya bisnis online kerap menyasar pasar ritel, kini Kawan Lama mulai serius menggarap sektor perusahaan. Salah satunya di situs klikMRO.com.

Menurut Aulia Adriani, Head of External Communication Marketing Department PT Kawan Lama Sejahtera, kelahiran situs klikMRO.com pada tahun 2016 tidak terlepas dari adanya kebutuhan pelanggan dari perusahaan yang butuh barang pengadaan (procurement). "Akhirnya kami buat situs tersebut dan pengguna bisa memilih barang yang dibutuhkan tanpa harus ke toko konvensional terlebih dahulu," katanya kepada KONTAN, Senin (19/2).

Meski baru berjalan  dua tahun, Kawan Lama tidak tinggal diam dalam mengembangkan situs tersebut. Hingga kini, perusahaan tersebut sudah menggandeng sebanyak 600 distributor di seluruh Indonesia.  

Menurut Aulia, kebanyakan para pelanggan dari situs tersebut adalah perusahaan manufaktur yang ada di Cikarang, Jawa Barat. Maklum, barang yang dibutuhkan kebanyakan barang untuk pemeliharaan, perbaikan hingga operasional produksi.

Ini berbeda dengan target pasar dari situs Kawanlama.com. Situs ini lebih banyak menjual produk dan barang industrial, seperti kompresor, komponen otomotif, produk kimia dan sebagainya. Para konsumen dari situs tersebut, kata Aulia adalah perusahaan yang berdomisili di kawasan Karawang hingga Cikampek, Jawa Barat.

Dengan suntikan modal dari Kawan Lama Group, Aulia optimistis laju bisnis online perusahaan ini, termasuk klikMRO.com bisa terus melaju. "Tidak banyak industri yang menerapkan bisnis seperti ini," timpalnya.

Hasilnya pun sudah terlihat. Akhir tahun lalu, jumlah transaksi di situs tersebut ada 500 transaksi per hari. Melihat hasil tersebut, ia berharap pada tahun ini ada sebanyak 1.000 transaksi per hari. Target lain yang dipatok adalah menambah  jumlah distributor. Tapi Aulia tidak merinci besarannya.

Supaya target tercapai, pihaknya terus mengedukasi pasar lantaran belum banyak pebisnis yang terbiasa berbelanja online untuk produk-produk tersebut. Sejauh ini, kontribusi pendapatan dari klikMRO.com masih di bawah 50% dari total bisnis online Kawan Lama Group.            

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×