Kemenhub bangun sentra logistik di Maluku

Rabu, 08 Februari 2017 | 23:07 WIB Sumber: Antara
Kemenhub bangun sentra logistik di Maluku


AMBON. Kementerian Perhubungan akan membangun sentra logistik 'Rumah Kita' di Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Sentra logistik ini berfungsi untuk mengumpulkan dan menampung berbagai komoditi agar bisa diangkut dengan kapal tol laut ke arah barat Indonesia.

"Seharusnya armada kapal tol laut yang kembali dari arah timur Indonesia bisa membawa berbagai komoditi ke arah barat namun hal tersebut belum terpenuhi dengan baik," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Ambon, Rabu (8/2).

Program tol laut walaupun belum maksimal tetapi sudah memberikan kesempatan bagi kementerian untuk meneliti dan melihat apa yang menjadi permasalahan untuk segera diselesaikan. "Harga satu bahan pokok yang ada di Jakarta dan Ambon itu berbeda. Itu yang jadi salah satu permasalahan," jelas Menhub.

Untuk meningkatkan distribusi, tahun ini Kemenhub juga akan menambah lagi armada kapal tol laut yang berlayar ke daerah timur serta memperbanyak frekuensi pelayaran.

Sementara di Papua, tantangan yang ada sulitnya medan yang harus dijangkau seperti pada puncak Jaya Wijaya. Sehingga rencananya akan dibuat tol udara di daerah tersebut.

(Daniel Leonard)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru