kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenhub raih penghargaan dari Kemkeu


Rabu, 15 Maret 2017 / 13:20 WIB
Kemenhub raih penghargaan dari Kemkeu


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Kementerian Perhubungan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai Kementerian yang mendorong Kemandirian Badan Layanan Umum (BLU).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada acara Stakeholder Gathering Kementerian Keuangan tahun 2017 bertema "Peran Strategis APBN Dalam Menghadapi Permasalahan Bangsa", pada Selasa (14/3) malam.

"Penghargaan tersebut diharapkan dapat menjadi pemacu semangat jajarannya untuk terus mengembangkan BLU di unit-unit pelaksana tugas yang tersebar di wilayah Indonesia." kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Rabu (15/3).

Selain Kemenhub, ada beberapa Kementerian dan Lembaga negara yang mendapat penghargaan serupa yaitu, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama.

Kemenhub terus berupaya mendorong unit pelaksana teknis di daerah-daerah khususnya yang berhubungan langsung dengan pelayanan jasa seperti bandara-bandara, sekolah-sekolah perhubungan, dan balai kesehatan perhubungan, untuk menjadi BLU.

Pemerintah menganggap BLU adalah contoh konkrit dari sebuah instansi pemerintah yang pengelolaannya berbasis kinerja dengan meningkatkan sisi akuntabilitas, dan seluruh pendapatan dan pengeluaran BLU tersebut tercatat pada anggaran pemerintah.

BLU dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyedian barang atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan. Selain itu, dalam melakukan kegiatannya, dapat menerapkan pola pengelolaan keuangan yang fleksibel dengan mengutamakan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas.

Saat ini Kementerian Perhubungan memiliki 29 BLU, tercatat di sektor udara terdapat 6 BLU yaitu : Balai Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, Balai Kesehatan Penerbangan, Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Radin Inten II Lampung, UPBU Fatmawati Bengkulu, UPBU Juwata Tarakan, UPBU Sentani Jayapura.

Sementara di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) terdapat 23 BLU pendidikan yaitu : Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, BP3IP Jakarta, PKTJ Tegal, PIP Semarang, Poltekpel Surabaya, ATKP Medan, ATKP Surabaya, ATKP Makassar, API Madiun, BP2TD Palembang, BP2TD Bali, BP2IP Tangerang, BP2IP Barombong, BP2IP Sorong, BP2IP Malahayati Aceh, BP2TL Jakarta, BP3 Palembang, BP3 Jayapura, BP3 Curug, dan Balai Diklat Penerbang Banyuwangi.(RDL/TH/BS/JAB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×