kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub beri penghargaan pada operator transportasi


Rabu, 20 Desember 2017 / 09:20 WIB
Kemhub beri penghargaan pada operator transportasi


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) serahkan Penganugerahan Penghargaan Manajemen Keselamatan Penyelenggara Jasa Angkutan atau Transportation Safety Manajemen Award (TSMA) 2017. Hal ini mendorong peningkatan standar keselamatan operator transportasi di Indonesia. 

TSMA 2017 digelar pada 19 Desember 2017. Sekretaris Jenderal Sugihardjo berpendapat penghargaan tersebut dapat mendorong upaya peningkatan standar keselamatan di semua operator transportasi baik darat, laut, udara, maupun perkeretaapian.

“Dengan penghargaan ini secara bertahap akan mengangkat standar keamanan operator transportasi, baik mereka yang menang maupun yang belum menang mereka akan berupaya untuk setiap tahun meningkatkan standar keselamatannya,” kata Sugihardjo dalam keterangan resmi, Rabu (20/12).

Sugihardjo menambahkan, nantinya penghargaan tersebut akan dibarengi dengan kegiatan Hari Perhubungan Nasional. Pihaknya mengusulkan agar pemenang TSMA bisa mendapat potongan diskon untuk premi asuransi dari Jasa Raharja.

“Jadi di samping piala harus ada efek sosialnya misalnya kalau melibatkan PT Jasa Raharja. Kalau standar keamananya tinggi artinya resiko keselamatannya rendah jadi wajar kalau terhadap yang menang ini misalnya diskon untuk premi dari PT Jasa Raharja,” ungkapnya.

Selain itu, nantinya operator transportasi yang berhasil memperoleh penghargaan akan diberikan kesempatan lebih terkait upaya pengembangan usahanya seperti penambahan slot time, trayek, dan lain-lain. Sugihardjo berharap dengan upaya ini diharapkan para operator transportasi akan lebih semangat untuk meningkatkan standar keselamatannya.

Peserta TSMA 2017 adalah penyelenggara jasa angkutan transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian baik yang dilaksanakan oleh BUMN maupun Swasta. Sesuai dengan usulan operator transportasi terbaik dari masing-masing Direktorat Jenderal Kementerian Perhubungan, tahun ini terdapat 35 operator jasa angkutan transportasi yang dinilai.

Berikut adalah para pemernang TSMA 2017 yaitu:

Moda Transportasi Darat:
- Terbaik pertama PT Sinar Jaya Langgeng
- Terbaik kedua PT Big Bird Pusaka;
- Terbaik ketiga Perum Damri.


Moda Transportasi Laut dan Penyeberangan:
- Terbaik pertama PT ASDP Indonesia Ferry
- Terbaik kedua PT Dharma Lautan Utama
- Terbaik ketiga PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni)

Moda Transportasi Udara:
Kategori AOC 121

- Terbaik pertama PT Citilink Indonesia
- Terbaik kedua PT Garuda Indonesia
- Terbaik ketiga PT Indonesia Air Asia.

Kategori AOC 135
- Terbaik pertama PT Surya Air;
- Terbaik kedua PT Asi Pudji Astuti Aviation;
- Terbaik ketiga PT Travira Utama.

Moda Transportasi Perkeretaapian:
- Terbaik pertama PT KAI Daop I Jakarta;
- Terbaik kedua PT KAI Daop IV Semarang
- Terbaik ketiga PT KAI Daop II Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×