kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub harap maskapai segera buka penerbangan ke Bandara Kertajati


Sabtu, 09 Juni 2018 / 15:54 WIB
Kemhub harap maskapai segera buka penerbangan ke Bandara Kertajati
ILUSTRASI. Pesawat Garuda Indonesia di BIJB Kertajati


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bandara Kertajati di Majalengka mulai melayani penerbangan perdana hari jumat (8/6). Citilink telah melakukan penerbangan perdana dengan rute Kertajati-Surabaya PP dengan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi yang merupakan extraflight mereka selama Lebaran ini.

Mulai tanggal 1 Juli 2018, Citilink akan membuka penerbangan reguler Kertajati-Surabaya PP yang  akan dilayani tujuh kali dalam seminggu. Penerbangan perdana itu menggunakan nomor penerbangan QG 9820 berangkat dari bandara Juanda, Surabaya pada pukul 05.25 WIB dan tiba di Kertajati pada pukul 06.55 WIB. Penerbangan ini mengangkut 70 penumpang.

Sedangkan untuk penerbangan Kertajati-Surabaya dengan nomor penerbangan QG 9821, berangkat pada pukul 07.25 WIB dan tiba di Surabaya pada pukul 08.55 WIB dengan mengangkut 175 penumpang.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menyambut baik penerbangan perdana ini. Diharapkan penerbangan tersebut bisa lebih melancarkan arus mudik dan balik Lebaran dari Jawa Barat menuju Surabaya dan sekitarnya.

Dia berharap, Citilink maupun maskapai lain juga segera membuka penerbangan dari Bandara Kertajati ke kota-kota lain di Indonesia baik oleh Citilink maupun maskapai lainnya.

"Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia yaitu lebih dari 46 juta sehingga sangat diperlukan tambahan moda transportasi ke daerah-daerah lain. Silakan maskapai menangkap peluang ini, kami akan senantiasa membantu proses perizinannya ," ujar Agus di Jakarta, Sabtu (9/6).

Sebagai regulator penerbangan, Agus akan selalu memastikan penerbangan di Bandara yang baru diresmikan pada 24 Mei lalu tersebut berjalan dengan selamat, aman dan nyaman. Pihaknya sudah mengkoordinasikan  operator penunjang seperti pengelola navigasi penerbangan AirNav Indonesia dan pengelola bandara PT Angkasa Pura 2 serta BMKG untuk mendukung penerbangan tersebut.

Bandara Kertajati adalah bandara baru di mana semua sarana dan prasarananya juga baru tetapi bandara ini sudah siap 100% melayani penerbangan dan penumpang.

"Kami sudah memvalidasinya dan selalu menginspeksi baik dari sisi darat dan udara. Jadi ini bukan penerbangan coba-coba tapi operasional penerbangan yang terukur dan profesional," jelas Agus.

Bahkan Agus berharap kebaruan bandara ini menjadi daya tarik bagi penumpang dan maskapai penerbangan untuk memakainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×