kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kepala BIN angkat bicara soal ransomware WannaCry


Senin, 15 Mei 2017 / 12:38 WIB
Kepala BIN angkat bicara soal ransomware WannaCry


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan berharap semua pihak, terutama instansi publik yang strategis seperti rumah sakit untuk meningkatkan kemampuan sistem pengamanan informasi.

Hal itu disampaikan Budi Gunawan menyikapi Serangan ransomware berjenis WannaCry yang menyebar sejak Jumat (12/5) pekan lalu.

Budi mengatakan, serangan ini berawal dari bocornya tool yang digunakan oleh National Security Agency (NSA), yaitu sebuah kode pemrograman yang memanfaatkan kelemahan sistem dari Microsoft Windows.

Exploit ini digunakan sebagai suatu metode untuk menyebarkan secara cepat software perusak atau Ransomware yang bernama WannaCry ke seluruh dunia.

Group hacker yang menyebarkannya adalah SHADOW BROKER.

"Motif serangan berubah dari yang dulunya dilakukan oleh negara dengan tingkat kerahasiaan operasi yang tinggi, menjadi serangan yang dilakukan oleh kelompok dengan motif komersial dan merugikan masyarakat banyak," kata Budi Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/5).

Budi mengakui ada kekhawatiran virus ini akan menyerang sistem informasi instansi lainnya dan pengguna komputer secara umum.

"Serangan seperti ini merupakan bentuk ancaman baru berupa proxy war dan cyber war yang digunakan oleh berbagai pihak untuk melemahkan suatu negara," tambahnya.

Negara dan seluruh instansi terkait pengamanan informasi, lanjut Budi, harus mulai mengubah paradigma sistem pengamanan informasi, dari konvensional seperti Firewall dan Antivirus, menjadi ke arah sistem pengamanan terintegrasi yang memiliki kemampuan deteksi serangan secara dini ke seluruh komponen sistem informasi yang digunakan.

Koordinasi dan konsolidasi di antara instansi yang bergerak di bidang intelijen dan pengamanan informasi mutlak segera dilakukan.

Hal ini untuk mempercepat proses mitigasi jika terjadi serangan secara masif.

"Sehingga jika terjadi serangan cyber pada suatu instansi, maka dengan adanya konsolidasi, koordinasi dan pertukaran cyber intelligence, instansi lain yang belum terkena serangan dapat segera menentukan mitigasi dan tindakan preventif sebelum terjadi serangan," kata Budi. (Ihsanuddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×