Kesan Menhub setelah naik taksi online ke Bekasi

Selasa, 19 September 2017 | 13:25 WIB   Reporter: Cecylia Rura
Kesan Menhub setelah naik taksi online ke Bekasi


BISNIS TRANSPORTASI - Menghadiri rangkaian acara uji coba transportasi baru, Trans Jabodetabek Premium dan Royal Trans Jakarta, Menteri Perhubungan Budi Karya berangkat menggunakan taksi online Go-Car via Taksi Blue Bird dari Jakarta menuju Bekasi.

Setibanya di lokasi, Budi Karya mengatakan ia sengaja naik taksi online untuk membuktikan kesusahan yang dirasakan oleh masyarakat.

"Pengalamannya menyenangkan, yang mengenangkan adalah pada saat saya bertanya kepada supir Taksi Blue Bird, sekarang mereka juga online, pendapatan naik. Artinya kolaborasi antara taksi eksisting dan taksi online itu menjadi baik," kata Budi, Selasa (19/9).

Lebih lanjut, Budi juga mengatakan menggunakan adanya rasa aman saat menggunanakan transportasi umum. Namun di sisi lain, Budi mengatakan sisi negatif dari penggunaan transportasi umum adalah masalah waktu yang tidak bisa diprediksi. "Jadi saya menyaksikan, kita memang harus meng-improve sarana ini dengan cara yang lebih baik," lanjutnya.

Salah satu contoh, Dewa, warga Bekasi yang menuju kota Jakarta harus berganti-ganti transportasi dari rumah.

"Di antaranya Pak Dewa, yang menempuh 8 km perjalanan dalam waktu 30 menit menggunakan sepeda setelah itu pindah dengan bus, jadi effort-nya luar biasai, kita hargai," kata Budi di depan Mega City Mall Bekasi, Selasa (19/9).

Menurutnya, ada hal yang kurang efisien dalam penggunaan moda transportasi via Jakarta-Bekasi, seperti saat berpindah transportasi, "Dari rumahnya, Jababeka ke sini naik mobil, atau naik sepeda, di sana mesti berpindah lagi," katanya.

Oleh karena itu Budi mengatakan akan melakukan pengembangan Trans Jabodetabek Premium dan Royal Trans Jakarta dan merekrut korporasi yang mengembangkan moda transportasi di perumahan.

"Moda-moda yang menuju perumahan kita akan kembangkan dengan meng-hire beberapa korporasi agar secara bisnis ini juga memberikan keuntungan bagi pengusaha," kata Budi.

Menurutnya ini menjadi penting karena tidak semua kegiatan harus disubsidi oleh pemerintah.

Adapun pengadaan transportasi premium ini dapat menjadi alternatif warga Bekasi yang akan bertolak ke Jakarta sekaligus mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru