kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebaran, trafik layanan data Telkomsel Jawa Bali naik tertinggi


Rabu, 20 Juni 2018 / 19:25 WIB
Lebaran, trafik layanan data Telkomsel Jawa Bali naik tertinggi
ILUSTRASI. Mobile GRAPARI Telkomsel


Reporter: Aulia Fitri Herdiana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Telkomsel Area Jawa dan Bali mencatatkan kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran hingga 3,77 Petabyte atau meningkat 40,5% dibandingkan hari normal.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id Rabu (20/6), pencapaian kenaikan trafik data di Jawa dan Bali merupakan yang tertinggi dibanding wilayah lain di Indonesia.

Sementara secara nasional, kenaikan trafik layanan data tertinggi Telkomsel pada H-1 lebaran mencapai 12,89 Petabyte, meningkat 22,3% jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal.

Jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu, trafik layanan ini juga naik sekitar 109%.

Penggunaan layanan data di momen Lebaran 2018 meningkat signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti di Pasar Turi Baru Surabaya, Alun-alun Limbangan Garut, Stasiun Bandung, Gerbang Tol Ciledug Tangerang, dan Terminal Leuwipanjang Bandung.

Lonjakan yang sama juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, di antaranya Batu Karas Pangandaran, Ciwidey Bandung, Lembang Bandung, Kota Bunga Puncak, dan Pantai Santolo Garut.

"Penggunaan media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran dengan 33,7%, kemudian diikuti video streaming 31,3% dan layanan pesan instan 14,1%," ucap Erwien Kusumawan, Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa Bali dalam keterangan resminya.

Beberapa aplikasi paling favorit selama periode Lebaran tahun ini ialah YouTube yang berkontribusi pada penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 24,2%, Instagram sebesar 19,3% dan Facebook sebesar 13,3%.

Demam Piala Dunia 2018 juga mulai berkontribusi pada konsumsi kuota data melalui aplikasi MAXstream. Penggunaan layanan ini didominasi dari Area Jawa Bali yang berkontribusi sebanyak 33% dari keseluruhan pengguna layanan MAXstream secara nasional.

Trafik layanan suara pada jaringan Telkomsel pada momen Lebaran tahun ini tercatat mengalami penurunan sebesar 9,8% dibanding hari normal menjadi sekitar 1,29 miliar menit. Sedangkan trafik layanan SMS pada puncak Lebaran mencapai 594 juta SMS atau turun 2,1% ketimbang hari normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×