LRT Jakarta diuji coba 10 Agustus, Kemhub belum cap laik jalan

Selasa, 07 Agustus 2018 | 17:51 WIB   Reporter: Kiki Safitri
LRT Jakarta diuji coba 10 Agustus, Kemhub belum cap laik jalan

ILUSTRASI. Light Rail Transit (LRT) Jakarta


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta dijadwalkan mulai uji coba pada 10 Agustus 2018. Namun, sejauh ini pihak Kementrian Perhubungan masih belum memberikan sertifikasi kelayakan penumpang. 

Adapun kendala yang mungkin menjadi hambatan adalah pembenahan konstruksi LRT.

Hendra Lesmana selaku Direktur pengembangan bisnis PT Jakarta Propertindo mengatakan, mengupayakan pembenahan sampai waktu uji coba dimulai.

“Sekarang semua kan sedang berupaya untuk merapikan seperti yang diminta oleh panitia,” katanya di Balai Kota, Selasa (7/8).

Adapun beberapa kawasan yang akan dibenahi adalah kawasan-kawasan yang akan dilalui oleh LRT. Ini juga mecakup Stasiun Kelapa Gading dan Velodromem juga venue equestrian, dan BMX. 

Diharapkan, uji coba akan berlangsung sesuai jadwal, dan sejauh ini beberapa tes sedang dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan penumpang dari Kementrian Perhubungan.

Hendra bilang, akan ad uji operasi dan beberapa tes dynamic dan statis. 

"Tetapi yang paling penting adalah kita ingin memastikan bahwa kita bisa mengajukan kepada Kemenhub untuk mendapatkan rekomendasi teknis untuk safetynya,” kata Hendra.

Uji coba akan dilakukan selama berlangsungnya Asian Games. Namun sejauh ini belum dapat dipastikan apakah penggunaan LRT ini hanya untuk orang-orang yang spesifik saja atau untuk masyarakat bebas.

Hendra menjelaskan bahwa usai Asian Games maka rute Velodrome dan Kelapa Gading akan dihentikan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan guna menunggu penyempurnaan 6 satsiun LRT lainnya untuk beroperasi selama 3 bulan atau ditargetkan akhir tahun 2018.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andiyansah mengatakan bahwa uji coba tanggal 10 Agustus nanti sejauh ini masih menunggu sertifikasi dari Kementrian Perhubungan. Setelah dilakukan uji coba selama Asian Games maka akan dilakukan finalisasi terkait sarana dan prasarana yang masih belum rampung.

“Yang jelas tadi schedule atau pun jadwal yang sudah diberikan kita sedang menunggu sertifikasi dari Kemenhub. Setelah itu keluar baru nanti saya akan mengeluarkan izin penyelenggaraan atau operasional selama penyelenggaraan Asian Games. Yang jelas kita uji coba sementara sampai pelaksanaan Asian Games. Setelah itu akan dilihat lagi untuk finalisasi semua sarana dan prasarananya,” tegas Andriyansah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru