kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mahaka Radio akan kembangkan platform digital


Senin, 05 September 2016 / 12:06 WIB
Mahaka Radio akan kembangkan platform digital


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Perkembangan zaman membikin teknologi digital semakin banyak mendapatkan tempat di berbagai lini bisnis. Agar tak ketinggalan kereta, perusahaan investasi yang menjalankan bisnis radio yakni PT Mahaka Radio Integra Tbk juga akan masuk platform digital. 

Lewat platform digital, Mahaka Radio berharap bisa menyentuh lebih banyak khalayak pendengar. "Kami sedang kembangkan (bisnis digital), kami akan launching beberapa bulan ke depan," ujar Komisaris Utama PT Mahaka Radio Integra Tbk Erick Thohir, Jumat (2/9).

Selain mengembangkan teknologi terkini, Mahaka Radio akan memperluas jangkauan sinyal radio. Perusahaan yang tercatat degan kode saham MARI di Bursa Efek Indonesia itu berencana menambah frekuensi radio pada tahun ini. 

Menurut catatan KONTAN, Mahaka Radio punya rencana  mengakuisisi satu stasiun radio di Jakarta pada kuartal IV 2016. Lalu tahun depan mereka giliran radio di Medan, Sumatera Utara yang akan mereka akuisisi.

Dua stasiun radio tersebut akan menambah koleksi radio Mahaka Radio. Sejauh ini, perusahaan tersebut sudah menanamkan investasi di radio Jak FM, Gen FM dan Gen FM Surabaya. 

Mahaka Radio optimistis bisnis radio masih bisa mendatangkan pendapatan yang menggiurkan. Hanya saja, mereka tak membeberkan target pendapatan sepanjang tahun 2016. 

Yang pasti, iklan adalah tulang punggung pendapatan Mahaka Radio. Mengintip laporan keuangan semester I 2016, pendapatan iklan tercatat Rp 68,89 miliar. Pendapatan iklan terbagi dalam tiga jenis, yakni iklan program, spot dan adlibs.

Pendapatan iklan tadi setara dengan kontribusi 92,08% terhadap total pendapatan Rp 74,82 miliar. Kontribusi pendapatan lain berasal dari event off air dan lain-lain.

Mahaka Radio memprediksi potensi pertumbuhan pendapatan iklan radio sama dengan televisi. "Saya rasa bisnis radio sama dengan bisnis televisi, dari iklan masih sama seperti TV, pertumbuhannya sekitar 10%," kata Erick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×