: WIB    --   
indikator  I  

Mall Tunjungan Plaza 6 beroperasi pada September

Mall Tunjungan Plaza 6 beroperasi pada September

JAKARTA. PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) terus melakukan ekpansi proyek recurring income, salah satunya lewat pengembangan mall. Perusahaan properti ini akan mengoperasikan satu mall lagi tahun ini yakni Tunjungan Plaza (TP) 6 Surabaya.

Mall dengan total area sewa (Net Leasable Area/NLA) 27.000 meter persegi (m2) ini akan resmi beroperasi pada September 2017. Ini akan melengkapi mall TP 5 yang telah beroperasi pada kuartal IV tahun 2016. Adapun rata-rata harga sewa sebesar Rp 270.000 per m2.

Stepanus Ridwan, President Direktur Pakuwon Jati mengatakan pengoperasian mall tersebut akan menambah aset mall perseroan dan akan menjadi penopang target perusahaan untuk menjaga porsi recurring income atau pendapatan berulang sekitar 50%.

"Mall ini juga akan menfasilitas ritel yang belum mendapatkan ruang di TP 5," kata Ridwan di Jakarta, Jumat (2/6) lalu.

Sementara Ivy Wong, Direktur PWON mengatakan 80% dari total area tang disewakan sudah tersewa. Itu artinya, okupansinya mall tersebut sudah cukup besar. Sebanyak 50% penyewanya bergerak di bidang food and beverage (F&B).

Selain F&B, sejumlah peritel yang mengisi TP 6 merupakan fast fashion seperti Uniqlo, H&M, dan Zara. " Ini akan menjadi toko pertama Uniqlo di Surabaya. Mereka mau ekspansi ke sana merasa cukup cabang di Jakarta dan melihat Surabaya memiliki populasi yang padat," kata Ivy.

Selain Tunjungan Plaza, Pakuwon tercatat memiliki beberapa mall yang berbasis di dua kota yakni Surabaya dan Jakarta seperti Kota Kasablanka Mall, Gandaria City, Pakuwon Mall, Pakuwon Trade Center, Royal Plaza dan Blok M Plaza.

Pakuwon ingin terus mempertahankan tingkat okupansi mall yang mereka miliki. Per kuartal I 2017, okupansi tertinggi ada di Kota Kasablanka mencapai 99%, disusul Royal Plaza 97% dan Gandaria City 96%. Sedangkan okupansi Pakuwon Trade Center baru 92%, Pakuwon Mall 91% dan Blok M Plaza 90%.

Sejak tahun 2013, okupansi Blok M mengalami penurunan. Ini lantaran adanya kebijakan perusahaan untuk memperpendek masa sewa menjadi 1-2 tahun ini mengantisipasi rencana renovasi mall ini agar terkoneksi dengan stasiun MRT.


Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Yudho Winarto

RITEL

Feedback   ↑ x
Close [X]