kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.890
  • SUN102,00 -0,22%
  • EMAS614.076 -0,49%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Mas Group targetkan penjualan 5.000 unit rumah tahun ini

Rabu, 11 April 2018 / 19:20 WIB

Mas Group targetkan penjualan 5.000 unit rumah tahun ini
ILUSTRASI. Kerjasama Pemasaran Bali Resort Bogor

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mas Group akan terus gencar melakukan ekspansi bisnis di sektor properti. Untuk membesarkan bisnisnya, perusahaan ini bahkan berencana melantai di pasar modal lewat penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) dalam dua tahun ke depan.

Hingga saat ini, Mas Group sudah mengembangkan puluhan proyek properti berupa perumahan di sektor menengah dan menengah kebawah. Perusahaan properti berdiri sejak tahun 2007 dengan mengembangkan proyek perdana yang mendukung program pemerintah dalam penyediaaan rumah subsidi.

Tahun ini, Mas Group menargetkan bisa menjual sekitar 5.000 unit rumah. Ini meningkat dari tahun lalu yang hanya berhasil menjual sekitar 3.000-4.000 unit hunian. "Target nilai penjualan tahun ini sekitar Rp 2 triliun." kata Sengkono Dharmawan, Direktur Utama Mas Group di Jakarta, Rabu (11/4).

Untuk mencapai target tersebut, Mas Group tidak hanya akan mengandalkan proyek-proyek eksisting. Perusahaan juga merilis proyek baru. Salah satu proyek baru yang diluncurkan adalah perumahan di bertajuk Bali Resort Bogor lewat anak usahanya PT Mekar Agung Sejahtera.

Bali Resort Bogor akan dibangun di lahan seluas 13 hektare (ha) dengan kapasitas 801 unit rumah tapak dan 31 ruko. Proyek ini diperkirakan akan menelan investasi Rp 500 miliar dan akan dikembangkan dalam waktu dua sampai tiga tahun.

Proyek tersebut menyasar segmen pasar keluarga muda dan kaum millenial sehingga harga yang ditawarkan perumahaan ini cukup terjangkau. Proyek yang tepatnya berlokasi di jalan Letkol Atang Sanjaya, Rancabungur, Kabupaten Bogor ini menawarkan rumah dengan berebaagai tipe mulai 33/66 hingga 101/119. Hunian itu dipasarkan dengan harga mulai Rp 300 juta sampai Rp 1 miliaran.

Bali Resort Bogor sebetulnya sudah digaungkan ke pasar sejak akhir 2017 dan saat ini telah terjual sekitar 70 unit. Sementara unit ruko yang akan dikembangkan belum mulai dipasarkan guna menghindari terlalu banyak masuknya investor. Mekar Agung Sejahtera menargetkan penjualan sekitar Rp 700 miliar dari seluruh proyek tersebut.

Untuk memasarkan perumahan ini, Bali Resort Bogor menggandeng perusahaan aplikasi pemasaran property PROJEK dan tujuh master franchise agen properti yaitu Century21, Era, Harcourts, LJ Hooker, Promex, Remax, dan Ray White.

Sengkono mengatakan, pihaknya saat ini masih memiliki landbank yang cukup besar mencapai sekitar 400 ha yang tersebar di beberapa lokasi. Sekitar 254 ha berada Tangerang dan saat ini sudah mulai dikembangkan dengan menjual dua kluster perumahan. "Kami berharap ini bisa dikembangkan menjadi kota mandiri," katanya.

Di Bogor perusahana juga memiliki landbank di tiga titik dengan luas sekitar 30 ha, di depok 2 ha, di Purwokerto, di Alam Sutera, di Belitung dan lain-lain. Lahan di Depok tersebut rencananya akan dikembangkan menjadi proyek apartemen. Hanya saja, Sengkono tidak menyebutkan kapan proyek itu akan mulai dikembangkan.

Selain mengembangkan perumahan, Mas Group juga sudah mulai memikirkan untuk membangun proyek hotel sebaagai sumber pendapatan berulang ke depan. Ada dua lokasi yang sednag dipersiapkan perusahaan untuk di bangun hotel yaitu di Purwokerto, Alam Sutera, dan Belitung.

"Kami sedang dalam tahap menetapkan design pembangunan hotel Luminor di Purwakarta. Setelah itu akan dibangun hotel Luminor di Alam Sutera seluas 2.000 m2. Sedangkan di Belitung belum ditetapkan apakah akan bangun hotel atau kondotel," terang Sengkono.

Walaupun cadangan lahannya masih besar, Mas Group tetap akan melakukan ekpansi lahan ke depan. Hanya saja, perusahaan tidak menyebutkan ke kota mana lagi mereka akan ekpansi. Saat ini, total aset yang dimiliki perusahaan properti ini sekitar Rp 2 triliun- Rp 3 triliun.

Proyek yang sudah dan sedang dikembangkan Mas Group saat ini diantaranya Grand Puri Asih, Puri Karawaci Grand Puri Asih 2, Puri Pasundan 1, Puri Pasundan, Citra Pasundan, Bukit Sutera, Sutera Mansion, Global Living, Bali Resort serpong, Grand Sutera Rajeg dan Grand Sutera Serpong.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Editor: Sofyan Hidayat

INDUSTRI PROPERTI

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta
14 May 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy
Close [X]
×