kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Membangun kerajaan bisnis gandum di usia 19 Tahun


Sabtu, 08 Februari 2014 / 17:00 WIB
Membangun kerajaan bisnis gandum di usia 19 Tahun
ILUSTRASI. Karyawan melintas di samping layar elektronik yang menunjukkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (9/9/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.


Sumber: Forbes | Editor: Dessy Rosalina

Muda kaya raya, tua masuk surga.Ungkapan ini tentu menjadi dambaan semua orang. Di dunia, hanya segelintir orang yang berhasil menyabet predikat muda kaya raya. Andrey Verevskiy menjadi satu dari segelintir orang yang berhasil memiliki harta berlimpah di usia muda.

Tahun ini, Verevskiy memasuki usia ke-39 tahun. Siapa dia? Verevskiy adalah taipan muda asal Ukraina. Verevskiy merupakan pendiri sekaligus Komisaris Utama Kernel Holding. Ini adalah perusahaan berbasis agrikultur. Forbes, media yang menghimpun kekayaan miliarder, mendaulat Verevskiy sebagai orang paling tajir ke-10 di Ukraina. Hitungan Forbes, kekayaan Verevskiy mencapai sekitar US$ 1 miliar, per Maret 2013.

Jika dibandingkan dengan kekayaan seluruh miliarder di kolong langit, Verevskiy menduduki posisi orang terkaya ke 1.342.Verevskiy merupakan lulusan sarjana bidang Agronomi dari National Agricultural University. Kiprah Verevskiy sebagai miliarder bermula sejak tahun 1995 silam.

Kala itu, di usia ke-21 tahun, Verevskiy mendirikan perusahaan perdagangan gandum. Inti bisnisnya adalah ekspor gandum dari Ukraina ke seluruh belahan dunia. Perusahaan gandum itulah yang menjadi benih awal berdirinya Kernel. Melihat prospek agribisnis yang kinclong, Verevskiy mendirikan Kernel Holding S.A di tahun yang sama.

Sejatinya, Verevskiy telah akrab dengan agribisnis sejak usia belia. Pada usia ke-19 tahun, dia memupuk kekayaan dengan berdagang gandum di kota Poltava, Ukraina. Dalam membangun kerajaan bisnisnya, Verevskiy mendapat pertolongan dari sang ayah. Menurut The Mirror, sang ayah, Verevskiy Mikhail Ivanovich, memiliki kedekatan hubungan dengan petinggi daerah Poltava.

Berawal dari jual-beli gandum, Verevskiy terus memperluas cakupan bisnis. Saat ini, aktivitas bisnis Kornel meliputi hulu hingga hilir. Yakni, produksi, pengolahan, penyimpanan, dan ekspor. Kernel juga menyabet predikat sebagai produsen minyak bunga matahari terbesar di Ukraina. Produksi minyak bunga matahari Kernel menguasai 35% pangsa pasar di Ukraina.

Ambisi Verevskiy memperlebar jaringan bisnis membawa Kernel ke bursa saham. Verevskiy melepas saham Kernel ke Bursa Efek Warsawa (WSE), Polandia. Proses penawaran saham Kernel Holding S.A yang berlangsung pada November 2007 itu menghasilkan dana segar sebesar US$ 221 juta. Sejak debut perdana di bursa, kapitalisasi pasar Kernel tumbuh tiga kali lipat menjadi US$ 2 miliar.

Meski berusia muda, ketangguhan bisnis Verevskiy terbukti. Berdasarkan www.kyivpost.com, Kernel menjadi salah satu perusahaan didaulat sebagai perusahaan yang mampu bertahan menghadapi gejolak krisis global. Verevskiy bahkan bernyali untuk ekspansi. Di tahun 2008, Kernel mengakuisisi Transbulkterminal. Ini adalah komplek pergudangan gandum terbesar di Ukraina.

Mengutip situs resmi perusahaan di www.kernel.ua, Kernel terus melakukan akuisisi dalam rentang lima tahun terakhir atau periode krisis Eropa berlangsung. Tidak hanya rajin mengakuisisi perusahaan agribisnis di Ukraina, Verevskiy juga masuk pasar Rusia pada tahun 2011.

Selain jeli melihat peluang bisnis, Verevskiy tahu betul kekuatan politik bagi perkembangan bisnisnya. Verevskiy tercatat menjadi anggota Parlemen Ukraina sejak tahun 2002 silam. Saat ini, Verevskiy masih menduduki kursi Parlemen Ukraina dari partai Party of Regions. Ini adalah partai pendukung pemerintahan sekaligus pendukung Viktor Yanukovich, Presiden Ukraina. 






TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×