kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencocol prospek SolChick, gerai ayam saus dari Solo


Sabtu, 28 April 2018 / 16:00 WIB
Mencocol prospek SolChick, gerai ayam saus dari Solo


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Mudah diolah serta harga terjangkau, banyak pengusaha kuliner menggali potensi daging ayam. Variasi olahan ayam pun terus berkembang karena daging unggas ini punya banyak penggemar.  

Salah satunya, SolChic yang menyajikan menu ayam saus. Dari Solo, SolChic merintis bisnisnya sejak Desember 2016. Kini, mereka sudah membuka lima gerai yang tersebar di Solo dan Purwokerto.

SolChic pun menawarkan kemitraan. Sampai saat ini sudah ada 45 gerai mitra yang beroperasi. Lokasi gerai mitra ada di Malang, Mojokerto, Sragen, Boyolali dan kota lainnya. 

Menu yang disajikan adalah ayam goreng krispi dengan tujuh pilihan saus. Misalnya,  saus barbeque, lada hitam, dan sweet hot chili. Harga per potong ayam mulai dari Rp 7.000 sampai Rp 9.000, atau Rp 10.000 sampai dengan Rp 63.000 per paket.  

Achmad Farizy, Digital Marketing SolChic mengklaim kelebihan produknya terletak pada resep pribadi yang membuat ayam lebih gurih. Rasa saus diklaim terjamin sama di setiap gerai karena dimasak di pusat.  

Kemitraan SolChic bernilai Rp 250 juta. Fasilitas yang diperoleh mitra antara lain, perlengkapan memasak,  perlengkapan resto, bahan baku, dekorasi, branding, pelatihan, sistem dan lainnya. 

Mitra pun hanya menyiapkan lokasi seluas 75 m2 atau ruko. Kebutuhan karyawan sekitar 10 orang. 
Pusat mengutip biaya royalti 10% dari laba. Untuk menjaga kualitas, semua mitra wajib mengambil bahan baku utama dari pusat. 

Sistem kemitraan ini adalah full management. Artinya, pemilik modal tak perlu repot lagi menjalankan usaha, cukup menunggu hasil laporan penjualan tiap bulan. Dengan sistem ini, pusat menerapkan sistem bagi hasil 60% untuk manajemen dan 40% mitra.

Berdasarkan perhitungan Fariz, mitra bisa balik modal cukup dalam enam bulan. Asalkan, penjualan gerai mencapai 600 porsi tiap hari, sehingga beromzet Rp 4,5 juta. Kisaran profit gerai sekitar 30%-35% dari omzet tersebut. 

Sepanjang tahun ini, SolChic menargetkan untuk mengoperasikan 100 gerai. "Sebenarnya banyak yang mau bergabung hanya lokasi calon mitra berada di daerah  pasarnya sudah ramai," katanya. Maklum, ada aturan dari pusat, di satu kabupaten tak boleh lebih dari satu gerai untuk menjaga persaingan tetap sehat. 

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai keputusan manajemen untuk menyasar pasar di kota-kota penyangga merupakan keputusan yang tepat, mengingat belum banyak usaha sejenis yang muncul disana. Begitu juga soal sistem dapur terpusat juga ia nilai tepat untuk menjamin rasa dan kualitas produk. Namun, saat manajemen tak punya dukungan transportasi yang cepat dan efisien untuk pengiriman, lebih baik membuka cabang dapur pusat.                    

SolChick
Jl MT Haryono No 13
Manahan, Solo, Jawa Tengah
HP. 081578327775

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×