kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menperin: Ekspor Xpander adalah prestasi


Rabu, 25 April 2018 / 15:58 WIB
Menperin: Ekspor Xpander adalah prestasi
ILUSTRASI. EKSPOR PERDANA MITSUBISHI XPANDER


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, ekspor yang dilakukan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) merupakan prestasi yang patut diapresiasi.

Seperti diketahui Mitsubishi akan mengekspor mobil Xpander sebanyak 30.000 unit per tahunnya. Jumlah tersebut sekitar 12,5% total produksi MMKI. Tujuan ekspor tersebut meliputi negara Asia, Amerika Latin, Afrika seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Sri Lanka, Bolivia dan Mesir.

Menurut Airlangga, untuk memproduksi mobil Xpander, MMKI telah mengikutsertakan sekitar 120 industri komponen dalam negeri dengan tingkat kandungan lokal diperkirakan sekitar 65%.

"Hal tersebut tentunya merupakan sebuah capaian yang membanggakan bagi industri otomotif nasional maupun kita semua," ungkapnya saat memberikan sambutan di Indonesia Kendaraan Terminal di Jakarta, Rabu (25/4).

Apalagi berdasarkan data di 2017 ekspor kendaraan bermotor mengalami peningkatan hampir 20% yaitu 231.000 unit dalam bentuk CBU. Sementara ekspor dalam bentuk komponen mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu naik 1200% dari tahun 2016, menjadi 81 juta pieces komponen.

"Kita berharap, dengan adanya ekspor mobil Xpander ini, dapat menjadi pemicu bagi industri kendaraan bermotor lainnya untuk meningkatkan ekspornya," tambah Airlangga.

Ekspor dan investasi, sekali lagi ekspor dan investasi, ekspor dan investasi. Dua kata itu yang diulang kembali oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara Pelepasan Ekspor Perdana Mobil Mitsubishi Xpander Tahun 2018, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara,  Rabu (25/4). “Dua hal yang akan terus saya ulang-ulang, saya sampaikan di berbagai acara karena dua hal ini adalah kunci penting untuk kemajuan ekonomi Indonesia, investasi dan ekspor,” ujar Presiden Jokowi. Lebih lanjut, Presiden berharap bahwa dengan ekonomi yang tumbuh maka dapat menekan ketimpangan, kesenjangan, dan kemiskinan. Kalau mau tumbuh, lanjut Presiden, investasi harus banyak yang dibangun di Indonesia dan ekspor juga harus lebih banyak dilakukan.

A post shared by Sekretariat Kabinet (@sekretariat.kabinet) on

Sekadar tahu saja, ekspor yang dilakukan Mitsubishi ini dilakukan per hari ini. Untuk tahap pertama, Mitshubishi akan mengekspor 3.000 unit mobil Xpander ke Filipina. "Hari ini juga tahun yang lalu yaitu pada tanggal 25 April 2017, Bapak Presiden meresmikan pabrik MMKI dengan total Investasi sebesar Rp. 7,1 triliun," katanya.

Selain terkait ekspor, Menperin juga mengapresiasi komitmen Mitsubishi Group dalam mendukung pengembangan kendaraan masa depan berupa pemberian bantuan kendaraan listrik melalui hibah 8 unit Mitsubishi Outlander teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan 2Mitsubishi i-MiEV teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian, pada 26 Februari 2018 yang lalu.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×