kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Agama: Ibadah haji tahun ini lancar


Minggu, 10 September 2017 / 21:44 WIB
Menteri Agama: Ibadah haji tahun ini lancar


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai haji tahun ini berjalan dengan lancar. Penilaian ini disampaikan Menag usai memimpin rapat evaluasi delegasi Amirul Hajj dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah.

Dalam evaluasi tersebut, ia bersyukur penyelenggaraan haji tahun ini berjalan lancar dan aman. Menurutnya, tak ada permasalahan prinsipal yang menyulitkan.

"Jadi secara keseluruhan, sebagaimana yang disampaikan Pemerintah Saudi, bahwa haji tahun ini berlangsung dengan lancar," kata Lukman di Jeddah seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Minggu (10/9).

Meski demikian, dia bilang ada sejumlah catatan evaluasi. Antara lain terkait jemaah haji Indonesia yang berdesakan di tenda Mina serta kurangnya fasilitas toilet. Terkait ini Lukman bilang ada dua hal yang perlu dilakukan ke depan.

Pertama, lobi Pemerintah Saudi agar infrastruktur Mina bisa ditingkatkan. Ia berharap Dubes RI untuk Arab Saudi bisa meyakinkan pemerintah Arab Saudi untuk hal itu.

Kedua, strategi penempatan jemaah di Mina perlu diubah. Ke depan, di setiap maktab (pemondokan). Menurutnya perlu ada dua atau tiga kloter yang hotelnya berada di sekitar Jamarat.

Catatan evaluasi lainnya, terkait dengan sistem sewa hotel di Madinah. Menurutnya, tahun depan akan dilakukan kajian kemungkinan dilakukannya perubahan sistem sewa dari blocking time menjadi sewa satu musim.

Selanjutnya terkait perlunya penambahan kuota petugas. Hal ini juga memerlukan proses lobi yang harus dilakukan.

"Kuota (petugas) yang hanya 3.500 belum mampu mengimbangi banyaknya jemaah haji kita," tandasnya.

Asal tahu saja, penyelenggaraan ibadah haji 1438H saat ini memasuki fase pemulangan. Jemaah haji gelombang pertama sudah mulai diberangkatkan dari Jeddah menuju Tanah Air sejak 6 - 20 September 2017.

Sementara jemaah haji gelombang kedua akan mulai diberangkatkan dari Makkah ke Madinah pada 12 September 2017. Gelombang ini akan pulang ke Tanah Air melalui Madinah setelah menjalani Arbain di Masjid Nabawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×