: WIB    —   
indikator  I  

Metrodata ekspansi ke bisnis mobility

Metrodata ekspansi ke bisnis mobility

JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk terus melakukan ekspansi bisnis baru sesuai dengan perkembangan kebutuhan teknologi. Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode MTDL ini siap memasuki pilar bisnis baru yakni mobility.

Ini dengan cara mengakuisisi perusahaan pengembang aplikasi yakni PT Dwitunggal Solusindo Prima (DSP). MTDL melalui anak usahanya PT Mitra Integrasi Informatika (MII) membeli 37,5% saham DSP senilai Rp 3,5 miliar.

"Untuk masuk ke pilar baru ini harus lewat akusisi. Kita lihat DSP memiliki keahlian di bidang itu dengan mengembangkan bisnis mobility," ungkap Sekretaris Perusahaan Metrodata, Randy Kartadinata pada KONTAN, Senin (6/2).

ASP merupakan perusahaan teknologi yang khusus mengembangkan bisnis mobility yakni sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan sebuah perusahaan dengan tenaga pemasaran (salesman) yang mereka miliki di lapangan.

Lewat aplikasi yang dikembangkan tersebut, sebuah perusahaan bisa memantau pergerakan karyawannya di lapangan untuk bisa mencapai target yang diharapkan perusahaan.

Metrodata yakin potensi pasar dari aplikasi yang dikembangkan tersebut sangat besar mengingat jumlah salesman yang dimiliki sebuah perusahaan juga cukup besar. Sementara jumlah costumer DSP saat ini sudah mencapai 20 perusahaan. "Aplikasi ini dijual relatif murah. Kita yakin peminatnya banyak," kata Randy.

Dengan akusisi ini, Kini Metrodata telah memiliki lima pilar bisnis baru yakni cloud, security, intelijen, big data dan mobility. Kontribusi bisnis mobility memang sangat kecil terhadap total penjualan Metrodata yakni hanya sekitar 2%, namun Randy menilai ekspansi tersebut memiliki nilai strategis yang sangat bagus ke depan.

Kontribusi terbesar terhadap pendapatan Metrodata tahun ini menurut Randy masih akan didominasi penjualan hardware sekitar 80%, penjualan software 10% dan sisanya 10% akan disumbang dari bisnis baru.

 

 


Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Rizki Caturini

TEKNOLOGI

Feedback   ↑ x