kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minggu 16 April KAI jual tiket tambahan Lebaran


Jumat, 14 April 2017 / 17:51 WIB
Minggu 16 April KAI jual tiket tambahan Lebaran


Sumber: Antara | Editor: Adi Wikanto

YOGYAKARTA. Tiket enam kereta tambahan Lebaran yang akan diberangkatkan dari dan menuju Daerah Operasi VI Yogyakarta akan mulai dijual pada Minggu (16/4) pukul 00.01 WIB untuk keberangkatan 15 Juni 2017.

Selama masa angkutan Lebaran akan ada 12 kali perjalanan kereta tambahan yang berangkat dan menuju Daerah Operasi VI Yogyakarta. "Setiap hari akan ada tambahan 4.916 tempat duduk ke berbagai tujuan," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto, Jumat (14/4).

Keenam kereta tambahan yang akan dioperasikan selama masa angkutan Lebaran 2017 dari Daop VI yaitu Argo Lawu fakultatif relasi Gambir-Solo Balapan, Argo Dwipangga fakultatif relasi Gambir-Solo Balapan, Taksaka Pagi Lebaran relasi Gambir-Yogyakarta, Taksaka Malam Lebaran relasi Yogyakarta Gambir, Lodaya Lebaran relasi Bandung-Solo Balapan, dan Sancaka Lebaran relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng.

Seperti tiket kereta reguler, pemesanan tiket kereta tambahan Lebaran dapat dilakukan melalui laman resmi PT KAI, aplikasi KAI Access, telepon sentral 122 atau melalui agen penjualan tiket yang sudah bekerja sama dengan PT KAI. Sedangkan untuk pemesanan secara daring, Eko memastikan bahwa peladen (server) milik PT KAI tidak pernah mengalami gangguan sehingga tidak bisa diakses calon penumpang.

"Sejak hari pertama penjualan tiket lebaran pada 17 Maret sampai sekarang, server tidak pernah down. Termasuk saat puncak penjualan tiket reguler pada 24 Maret," katanya.

Oleh karena itu, kata Eko, masyarakat yang akan melakukan pembelian tiket kereta tambahan secara daring bisa mencoba melakukan berbagai upaya agar tidak mengalami kegagalan, di antaranya koneksi internet yang digunakan harus stabil selama mencari tiket.

Calon penumpang juga bisa mencari alternatif tanggal keberangkatan dan rute atau mencari alternatif tiket terusan. "Misalnya ingin menuju Semarang, bisa memesan tiket dengan rute Pasar Senen-Tegal, baru meneruskan perjalan dengan kereta lain ke Semarang.

Eko menambahkan puncak kepadatan pencarian tiket secara daring akan terjadi pada menit-menit awal tiket mulai dijual. "Coba melakukan pemesanan pada pukul 03.00 WIB karena pada beberapa kasus ada pelanggan yang berhasil memesan tiket pada menit awal tetapi tidak melakukan pembayaran sehingga tiket dinyatakan hangus dan langsung masuk kembali ke sistem," katanya.

Selain itu, PT KAI juga menyediakan berbagai alternatif alamat penjualan tiket secara daring, di antaranya tiket1.kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id dan tiket3.kereta-api.co.id. "Ya memang harus dicek terus-menerus dan dicoba terus. Mungkin saja ada yang membatalkan tiket," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×