kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,22   -11,30   -1.21%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minum kopi bisa kurangi risiko kematian dini, lo!


Sabtu, 25 November 2017 / 11:07 WIB
Minum kopi bisa kurangi risiko kematian dini, lo!


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejauh ini masih banyak perdebatan soal baik dan buruk meminum kopi. Ada yang menyebut bahwa kopi memiliki efek buruk, tetapi di lain sisi, kopi juga disebut memiliki manfaat untuk kesehatan.

Terbaru, sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Southampton, Inggris dan University of Edinburgh, Skotlandia, menemukan bahwa minum kopi sampai tujuh gelas setiap hari justru dapat mengurangi risiko kematian dini.

Untuk menemukan hal tersebut, tim peneliti melakukan pengkajian ulang terhadap lebih dari 200 penelitian tentang kopi. Hasilnya, kopi ternyata lebih banyak untungnya bagi kesehatan, dari pada kerugiannya.

Menurut para peneliti, tiga sampai empat cangkir kopi setiap hari adalah yang paling optimal dan dapat mengurangi risiko mati muda sampai 17 persen bila dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak minum kopi.

Namun, orang yang meminum tujuh cangkir kopi setiap hari tetap dapat merasakan manfaat dari kopi dan memiliki risiko kematian dini 10 persen lebih rendah.

Dilansir dari laman Telegraph, Rabu (22/11), kebiasaan meminum kopi juga dikaitkan dengan peningkatan kekebalan tubuh terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, endometrium, kulit, dan hati.

Tidak sampai di situ. Pasien yang memiliki penyakit dalam seperti diabetes, batu empedu, asam urat, dan gangguan hati, juga bisa mendapatkan manfaat dari kopi, asal masih dalam takaran normal.

Akan tetapi, para peneliti mengingatkan bahwa semua manfaat ini bisa hilang bila dilawan dengan kebiasaan buruk, seperti merokok.

Selain itu, minum kopi berlebihan juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan telah dikaitkan dengan tingkat kelahiran yang lebih rendah, seperti risiko bayi lahir prematur sampai keguguran.

" Konsumsi kopi umumnya aman dalam tingkat asupan yang biasa, dengan perkiraan kopi akan memberi manfaat besar untuk berbagai faktor kesehatan jika batasan minumnya tiga sampai empat cangkir sehari. Kopi lebih menguntungkan kesehatan dari pada membahayakan," ujar penulis penelitian itu.

Donald Hensrud seorang ahli nutrisi di Mayo Clinic College, juga setuju bahwa kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

"Penelitian menunjukkan bahwa kopi memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk melindungi dari penyakit Parkinson, diabetes tipe 2 dan penyakit hati, termasuk kanker hati. Kopi juga tampaknya memperbaiki fungsi kognitif dan menurunkan risiko depresi," katanya di situs Mayoclinic. (Michael Hangga Wismabrata)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Menurut Studi, Rajin Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Kematian Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×