kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitra Adiperkasa penuhi target ekspansi 200 gerai


Sabtu, 25 November 2017 / 16:00 WIB
Mitra Adiperkasa penuhi target ekspansi 200 gerai


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski belum sampai akhir Desember 2017, PT Mitra Adiperkasa Tbk sudah memenuhi target ekspansi 200 gerai pada tahun ini. Makanya, perusahaan perusahaan yang tercatat dengan kode saham MAPI di Bursa Efek Indonesia itu memprediksi bisa mencatatkan penambahan gerai lebih dari target yang sudah ditetapkan.

Meski tak menyebutkan potensi penambahan gerai, Mitra Adiperkasa memastikan formatnya bukan department store. "Saat ini tidak ada rencana ekspansi department store," ujar Fetty Kwartati, Head of Corporate Communications PT Mitra Adiperkasa Tbk, saat dihubungi KONTAN, Jumat (24/11).

Ketimbang department store, ke depan Mitra Adiperkasa lebih banyak memilih pengembangan gerai MAP Boga, MAP Active dan specialty store alias gerai khusus. Pertimbangan mereka, ukuran gerai-gerai itu lebih compact alias ringkas.

Asal tahu, gerai department store Mitra Adiperkasa seperti Sogo, Seibu, Galleries Lafayette dan Debenhams. Pada awal bulan ini, mereka masih tercatat menambah gerai Sogo di Karawaci, Tangerang, Banten.

Melalui PT Panen Lestari Internusa, Mitra Adiperkasa menggelontorkan investasi Rp 40 miliar. Kalau gerai Sogo masih bertambah, gerai Debenhams justru berhenti operasi.

Dalam kesempatan sebelumnya, Handaka Santosa, Komisaris PT Mitra Adi Perkasa Tbk tak mengatakan, penutupan gerai Debenhams tak berkaitan dengan performa yang buruk. Namun, pemilik mall berencana mengubah format gerai menjadi lebih kecil. Oleh karena itu, Mitra Adiperkasa ingin menggunakan eks area sewa Debenhams untuk ekspansi gerai compact.

Informasi saja, kini Mitra Adiperkasa mengelola 1.916 gerai di 68 kota seluruh Indonesia. Adapun sebanyak 200 gerai yang sudah hadir pada tahun 2017 terdiri dari 87 MAP Active dan 55 gerai MAP Boga. Sisanya berupa specialty store.

Menurut pemberitaan KONTAN, Mitra Adiperkasa ingin menggiring MAP Active menjadi perusahaan terbuka lewat skema initial public offering (IPO). Proyeksi perolehan dana sekitar US$ 300 juta. MAP Active memiliki 686 gerai multibrand, 226 gerai konsep dan tiga gerai online. Hanya saja, manajemen Mitra Adiperkasa belum bisa membeberkan banyak informasi. "Maaf belum bisa kasih update soal itu," turur Fetty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×