kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitra Komunikasi mencari dana segar Rp 1,2 triliun


Sabtu, 03 Maret 2018 / 11:30 WIB
Mitra Komunikasi mencari dana segar Rp 1,2 triliun


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk tengah haus dana. Itu sebabnya, perusahaan ini akan menerbitkan saham baru atau rights issue tahun ini. Rights issue yang digelar emiten berkode saham MKNT di Bursa Efek Indonesia ini bakal berlangsung kuartal III-2018.

Target awal Mitra Komunikasi dalam aksi korporasi ini bisa mengeruk dana pemodal sebesar Rp 1,2 triliun. Namun menurut Jefri Junaedi, Direktur Utama MKNT, target tersebut bisa berubah, sesuai dengan kebutuhan perusahaannya maupun perkembangan situasi.

"Kami masih menyusun semua. Kalau audit selesai, kemungkinan ada perubahan dari sebelumnya sekitar Rp 1,2 triliun, menyesuaikan kebutuhan," kata dia, usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, Jumat (2/3).

Jefri menjelaskan, rencana awal, perusahaan bakal melakukan rights issue dengan menerbitkan 2 miliar saham dan 1,5 miliar waran. "Tetapi kemungkinan mengambil setengahnya," sebutnya.

Artinya, perusahaan ini akan menerbitkan saham baru sekitar 1 miliar saham. Proses rights issue juga bergantung pada keputusan pemegang saham pengendali menyediakan modal baru. 

MKNT akan menggelar rights issue untuk memperkuat permodalan sejumlah anak usaha yang baru. Mitra Komunikasi juga akan mengakuisisi perusahaan-perusahaan baru, sehingga membutuhkan dana segar. Namun, Jefri belum menjelaskan lebih rinci mengenai rencana ini.

Tahun lalu,  MKNT mengakuisisi 99,9% saham perusahaan penyalur pulsa isi ulang, PT Graha Planet Nusantara. Akuisisi ini dilakukan oleh  anak usahanya, PT Mitra Sarana Berkat.

Mitra Komunikasi juga menjajaki kerjasama dengan perusahaan financial technology Kimo, platform digital yang mempertemukan pemilik modal dan pencari modal. Melalui kerjasama tersebut, MKNT berharap bisa mempermudah permodalan bagi mitra-mitra UMKM. Peluang mengakuisisi Kimo terbuka lebar jika rights issue berjalan mulus.

Tahun ini, Mitra Komunikasi menyiapkan beberapa rencana ekspansi. Selain meneruskan akuisisi, pertumbuhan mitra UMKM sebesar 10% dari jumlah mitra saat ini yang berjumlah 150.000 menjadi salah satu fokus perusahaan.

Caranya, menyasar mitra UMKM di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Maklum, selama ini penyebaran mitra UMKM masih fokus di Jawa, Bali, dan Sumatra.

Saat ini, lini bisnis utama MKNT adalah penjualan pulsa dan distribusi gadget. Penjualan pulsa menopang 98% terhadap total pendapatannya. Sepanjang 2017, MKNT mencatatkan penjualan hingga Rp 6,2 triliun. Tahun ini, Mitra Komunikasi membidik pendapatan Rp 10 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×