: WIB    —   
indikator  I  

Mitra Telekomunikasi pilih ekspansi anorganik

Mitra Telekomunikasi pilih ekspansi anorganik

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) terus memacu bisnis penjualan pulsa Telkomsel dengan menambah cluster penjualan. Ini lewat strategi akuisisi terhadap 99,99% saham PT Graha Planet Nusantara dengan nilai Rp 8,99 miliar.

Kemudian MKNT juga melakukan penambahan modal di anak usaha PT Kasih Anugerah Kreasi (KAK). Perusahaan ini meningkatkan kepemilikan di KAK dari 75% menjadi 99,99% dengan menyetor modal mencapai Rp 24,99 miliar.

Sebelumnya MKNT melepas seluruh sahamnya di PT Telering Onyx Pratama dengan nilai Rp 918 juta untuk lebih fokus pada pengembangan bisnisnya. Dengan melepas keseluruhan saham di Telering, maka perusahaan ini juga melepas 52 gerai Telering untuk menggarap serius segmen offline to online (OtoO).

Saat ini, MKNT terus melakukan perluasan jaringan IT, digitalisasi, menambah reseller, memperluas jaringan dan investasi di e-commerce Kioson, setidaknya ada 18.000 peritel kecil di seluruh Indonesia. “Iya betul, akuisisi itu menjadi bagian dari perluasan jaringan Mitra Komunikasi,” ujar Ornella Bartin, Sekretaris Perusahaan MKNT kepada Kontan.co.id, Rabu (11/10).

Strategi pertumbuhan anorganik dilakukan sebagai upaya perusahaan ini untuk bisa mencapai target penjualan pada tahun ini. Sepanjang 2017, MKNT menargetkan mampu membukukan penjualan mencapai Rp 6,3 triliun. Sedangkan dari sisi laba membidik level Rp 58,82 miliar. Sampai dengan semester I-2017, perusahaan ini sudah mencatatkan pendapatan sebesar Rp 2,86 triliun dengan laba mencapai Rp 23,14 miliar.

Pencapaian tersebut lebih tinggi ketimbang pencapaian sepanjang tahun 2015 dan 2016, pada tahun 2015 perusahaan itu hanya mencatatkan laba sebesar Rp 4,51 miliar sedangkan di tahun 2016 hanya Rp 2,3 miliar. 

 


Reporter Andy Dwijayanto
Editor Rizki Caturini

TELEKOMUNIKASI

Feedback   ↑ x
Close [X]