: WIB    —   
indikator  I  

MRT Jakarta berwacana tambah jalur ke Serpong

MRT Jakarta berwacana tambah jalur ke Serpong

KONTAN.CO.ID - Kabar bahwa PT MRT Jakarta tengah berencana menambah panjang jalur Mass Rapid Transportation (MRT) hingga ke wilayah Serpong di Tangerang Selatan diakui oleh Presiden Direktur MRT, William Sabandar. "Saat ini baru diwacanakan. Kami baru pada tataran penjajakan," ungkapnya kepada KONTAN (5/9) di Jakarta.

Rencananya jalur dari Serpong sendiri akan tersambung dengan jalur Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang saat ini tengah dibangun. William menerangkan, MRT melihat penambahan jalur ini menjadi peluang untuk menghubungkan antara pusat ibu kota dengan kawasan kota-kota baru lainnya.

"Kami melihatnya sebagai opportunity untuk menghubungkan Jakarta dengan kawasan pusat-pusat kota baru dengan transportasi massal," ujar William. Harapannya jalur ini bakal memudahkan akses dan mobilitas pengguna MRT, tidak hanya Serpong tetapi juga kawasan-kawasn yang berkembang lainnya.

MRT Jakarta mengaku mendapat dukungan dari pemerintah kota setempat, yakni Tangerang Selatan. "Memang ada ketertarikan dari pemerintah kota untuk bekerjasama dengan melibatkan pihak swasta," sebut William.

Apakah MRT Jakarta sudah menaksir berapa dana yang dibutuhkan? "Belumlah, ini kalaupun jadi, nantinya pakai dana dari investasi, bukan dana pemerintah," ungkap William. Untuk penjajakan awal ini, ia mengaku bahwa pihaknya tengah melakukan kajian (feasibility study) untuk waktu yang belum bisa ia rincikan.


Reporter Agung Hidayat
Editor Johana K.

MRT

Feedback   ↑ x
Close [X]