Mudik lewat tol fungsional? Simak tips-nya

Jumat, 23 Juni 2017 | 07:51 WIB Sumber: Kompas.com
Mudik lewat tol fungsional? Simak tips-nya


JAKARTA.Masyarakat yang ingin menuju Semarang atau Jawa Timur bisa melintasi jalan Tol fungsional Kaligangsa-Gringsing. Namun pemudik harus tetap waspada karena kondisinya masih belum maksimal.

Jalan bebas hambatan sejauh 114 km itu hanya bisa dilewati kendaraan kecil, bus atau truk tidak bisa melintas. Selama arus mudik, hanya dibuka dari arah Brebes ke Semarang, begitu pun sebaliknya ketika puncak balik.

Berdasarkan pantauan, Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri menyarankan, bahwa kecepatan mobil hanya diperbolehkan 40 kpj, dan harus selalu waspada.

"Kalau lebih dari 40 kpj, jalannya juga bergelombang sehingga berbahaya. Belum lagi banyak debu, karena di sisi kiri dan kanan tanah," kata Chryshnanda.

Pemudik, lanjut dia diharapkan tetap waspada dan mengikuti aturan yang berlaku. Sebab, masih ada juga jembatan yang sifatnya sementara, terbuat dari kayu.

Menurut Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin, akan ada petugas yang berjaga di setiap jembatan. Sebelumnya sudah dipasang rambu lalu lintas untuk mengingatkan pengemudi.

"Karena mobil yang melintas tidak bisa kencang, harus pelan-pelan ketika lewat jembatan," kata Benjamin. (Aditya Maulana)

Simak video suasana arus mudik di jalan tol fungsional Brebes-Batang, Jawa Tengah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru