kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nissan Terra meramaikan pasar mobil SUV medium


Kamis, 09 Agustus 2018 / 10:16 WIB
Nissan Terra meramaikan pasar mobil SUV medium
ILUSTRASI. New Nissan Terra


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar mobil sport utility vehicle (SUV) medium bermesin di atas 2.000 cc sedang tumbuh. Alhasil, mayoritas Agen Pemegang Merek (APM) kini berlomba-lomba masuk ke segmen tersebut.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan segmen SUV medium dari pabrikan ke diler (wholesales) mencapai 32.475 unit selama semester I-2018. Jumlah itu meningkat 10% dibanding dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 29.513 unit.

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi salah satu arena pertarungan para APM memperebutkan pasar SUV. Misalnya, Nissan meluncurkan SUV bersasis tangga (ladder frame), New Nissan Terra. Meski belum merilis harga resminya, pelanggan bisa pre-booking Rp 460 juta per unit.

Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani menjelaskan, proses pengiriman dimulai pada kuartal ketiga tahun ini atau pada rentang Oktober hingga Desember tahun ini. Nissan enggan membeberkan target penjualannya. "Melihat antusiasme konsumen yang mencoba mobil ini di GIIAS 2018, kami optimistis penjualan mobil ini akan menopang kinerja kami," ungkap Hana, Rabu (8/8).

Menurut dia, peluncuran New Nissan Terra tidak akan menggantikan peran Nissan X-Trail. Maklum, Terra dan X-Trail memiliki segmen berbeda. Di semester I-2018, penjualan Nissan X-Trail turun 61,94% year-on-year (yoy) menjadi 719 unit. "Harga jualnya juga berbeda. Harga tertinggi Nissan X-Trail di kisaran Rp 400 juta–Rp 450 juta, sementara harga terendah New Nissan Terra sudah Rp 460 juta," kata Hana.

Rahmat Samulo, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation, menjelaskan, pertumbuhan pasar SUV lebih tinggi dibanding pasar mobil nasional ditopang faktor kenyamanan dan kepraktisan menggunakan kendaraan di segala medan. "Kami masih mengandalkan Isuzu MU-X yang merupakan SUV bermesin diesel terbaik," klaim dia, kemarin.

Isuzu belum membeberkan target penjualan MU-X pada tahun ini. Di semester I-2018, penjualan Isuzu MU-X sebanyak 253 unit, turun 23% daripada penjualan di periode sama tahun lalu 330 unit.

Menanggapi kehadiran Nissan Terra, Head of Sales & Marketing Group PT MMKSI Imam Choeru Cahya, meyakini Mitsubishi Pajero masih menjadi market leader di segmen SUV. Saat ini penjualannya mencapai 11.021 unit, tumbuh 30% (yoy). Di posisi berikutnya Toyota Fortuner dengan penjualan 9.072 unit, turun 18% (yoy). Sedangkan posisi ketiga Honda CR-V dengan penjualan 5.360 unit, meningkat 265% (yoy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×