kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Northcliff akan miliki 30% saham Ratu Prabu


Rabu, 01 Juni 2016 / 19:04 WIB
Northcliff akan miliki 30% saham Ratu Prabu


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Perusahaan private equity asal Singapura, NorthCliff Capital Pte Ltd berencana bisa menguasai 30% saham PT Ratu Prabu Energi Tbk (ARTI). NorthCliff yang memiliki afiliasi dengan perusahaan lokal PT Simasindo Intitama akan mengucurkan dana US$ 200 juta untuk membiayai berbagai proyek ARTI.

CEO NorthCliff, Erry Sulistio mengatakan, dana itu untuk membiayai proyek minyak dan gas serta proyek properti ARTI. Salah satu proyek properti yang akan dibiayai adalah proyek properti di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Ia mengatakan, saat ini NorthCliff melalui beberapa perusahaan privat memiliki sekitar 7% saham di ARTI. "Targetnya kami ingin sampai 30% di tahun ini," ujar Erry di Jakarta, Rabu (1/6).

NorthCliff akan memperbesar kepemilikan saham di ARTI melalui jalan right issue pada tahun ini. Nantinya, NorthCliff akan mengucurkan dana investasi secara secara bertahap dalam jangka waktu dua tahun untuk membiayai proyek properti milik ARTI.

Di bisnis properti, ARTI melalui anak usahanya, PT Ratu Prabu Tiga, akan meluncurkan proyek apartemen mewah di kawasan TB Simatupang pada Kuartal II 2016. Pemancangan tiang perdana (groundbreaking) sudah dilakukan pada Agustus 2015.

Apartemen itu akan menyasar kalangan menengah ke atas, termasuk warga negara asing sebagai target pasar. Proyek apartemen Ratu Prabu Residences akan dibangun setinggi 37 lantai, yang terdiri atas 108 kamar hotel, 61 strata title apartemen, 40 unit apartemen sewa, dan 7 suite mewah. Nilai nvestasi proyek ini berkisar US$ 150 juta.

Erry mengatakan, pengembangan portofolio di sektor properti yang dilakukan sejak 10 tahun lalu, dinilai akan melengkapi keunggulan bisnis ARTI. Sehingga, ia yakin, pembangunan Ratu Prabu Tiga cukup prospektif untuk nilai jangka panjang.

Pada tahun lalu, bisnis migas ARTI memang masih terlihat tertekan. ARTI mencetak laba bersih sebesar Rp 17,8 miliar pada tahun 2015 dengan pendapatan Rp 225,7 miliar. "Saat ini nilai kapitalisasi pasar perusahaan terus meningkat. Dengan diversifikasi ke proyek properti, kami yakin ini investasi yang bagus," imbuhnya.

Dalam jangka panjang, NorthCliff menargetkan akan berinvestasi di tiga perusahaan lokal lagi dan menyiapkan dana US$ 300 juta. NorthCliff melirik perusahaan yang bermain di sektor oil and gas service, properti, dan infrastruktur. Dalam lima tahun ke depan, NorthCliff akan menyiapkan dana investasi mencapai US$ 1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×