kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OJK resmikan Forum Pakar Fintech


Jumat, 16 Juni 2017 / 17:58 WIB
OJK resmikan Forum Pakar Fintech


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan terbentuknya Forum Pakar Financial Technology (Fintech Advisory Forum) sebagai wadah pengembangan arah industri Fintech. Nantinya forum tersebut yang akan memfasilitasi dan memastikan koordinasi antarlembaga, kementerian, dan pihak-pihak terkait dengan pelaku start-up Fintech berjalan dengan lancar, konsisten dan konstruktif.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, Forum Pakar Fintech ini beranggotakan individu-individu yang dinilai berkompeten di bidang teknologi informasi dan dinamika dalam bidang inovasi digital keuangan. Anggotanya di antaranya berasal dari OJK, Bank Indonesia (BI), berbagai kementerian negara, Badan Ekonomi Kreatif, Bursa Efek Indonesia (BEI), asosiasi terkait, Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI dan sejumlah pihak lainnya.

Perkembangan jumlah pelaku startup bisnis telah berkembang cukup pesat dengan model bisnis yang beragam. Hingga Januari 2016, Asosiasi Fintech Indonesia mencatat startup domestik yang beroperasi di Indonesia telah mencapai 165 perusahaan. Angka ini tumbuh hampir mencapai empat kali lipat dibanding kuartal IV 2014 yang sebanyak 40 perusahaan.

Pesatnya perkembangan bisnis Fintech di Indonesia harus disikapi secara proporsional, sehingga kapasitas inovasinya dan inherent risk seperti kualitas perlindungan konsumen, pelanggaran tindak pidana pencucian uang dan pembiayaan terorisme, serta stabilitas sistem keuangan dapat dikelola dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×