Kontan News
  : WIB    --   
indikator  I  

Pacific Royale dan Mandala siap terbang

Pacific Royale dan Mandala siap terbang

JAKARTA. Dua maskapai penerbangan akan meramaikan langit Indonesia. Mereka adalah Pacific Royale Airway dan Mandala Airlines.

Setelah sekian kali tertunda, Pacific Royale menargetkan bisa terbang perdana pada April 2012. Perusahaan ini telah mendatangkan dua pesawat Foker 50 ini dan akan menambah lima unit pesawat yang sama. Maskapai ini akan melayani full service.

Samudera Sukardi, Presiden Direktur Pacific Royale, bilang, dua unit Foker 50 yang telah dimilikinya sekarang sudah terparkir di Bandara Husein Sastranegara Bandung. Selain akan mendatangkan lima unit lagi, maskapai patungan Indonesia-India itu berniat mendatangkan empat unit Airbus 320 dan satu Airbus 330 di tahun ini.

Samudera menjelaskan, saat ini Pacific Royale sudah memasuki persiapan tahap akhir agar target beroperasi sesuai jadwal. "Untuk tiket, kami belum bisa memprediksikan kapan mulai dijual," kata dia, kemarin (19/3).

Saat ini, maskapai itu masih mengecek berbagai persiapan di sejumlah terminal yang akan menjadi base-nya. "Kami tidak mau terburu-buru," dalih Samudera. Dia menambahkan, pengurusan sertifikat operator penerbangan atau Air Certificate Operator\'s (AOC) Pacific Royale akan memasuki tahap keempat yaitu tahap demo evakuasi dan kelaikan terbang pesawat.

Rute domestik yang akan dilayani Pacific Royale adalah Jakarta-Surabaya, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Madiun, Batam-Natuna, Batam-Kerinci. Perseroan ini juga akan akan melayani rute internasional, yakni Surabaya-India, Surabaya-Hong Kong, dan Surabaya-Singapura.

Samudera menambahkan, Pacific Royale beroperasi dari tiga hub, yakni Jakarta, Surabaya, dan Batam. "Tetapi untuk rute internasional kami tidak akan terbang dari Jakarta karena sudah padat, namun dari Surabaya dan Batam," tuturnya.

Mandala pun siap

Selain Pacific Royale, Kementerian Perhubungan (Kemhub), mengumumkan Mandala Airlines juga akan kembali beroperasi mulai 4 April 2012 dengan melayani dua rute penerbangan. Sebelumnya Mandala menghentikan penerbangan karena masalah keuangan.

Diding Sunardi, Direktur Kelaikan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemhub, mengungkapkan, dua rute itu adalah Jakarta-Singapura-Medan-Singapura-Jakarta. Satu lagi adalah rute Jakarta-Singapura-Denpasar-Jakarta.

Mandala akan menggunakan dua pesawat Airbus A320 untuk melayani rute-rute tersebut. "Mandala telah mendatangkan dua pesawat yang saat ini ditempatkan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Keduanya sudah laik terbang," ungkap Diding.


Reporter Ragil Nugroho
Editor Asnil Bambani Amri

BISNIS PENERBANGAN

Feedback   ↑ x