kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pacu ekspansi, Ace Hardware membuka gerai Ace Express


Sabtu, 19 Mei 2018 / 13:35 WIB
Pacu ekspansi, Ace Hardware membuka gerai Ace Express


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) terus memacu gerai Ace Hardware. Perusahaan ini bakal mengembangkan format baru Ace Expess, yang lebih mini alias compact.

Presiden Direktur PT Ace Hardware Tbk Prabowo Widyakrisnandi mengatakan. 23 Mei nanti, perusahaan penjual aneka perkakas rumah ini bakal mulai mengenalkan Ace Express. Bahkan, bulan ini, ACES akan buka tiga gerai Ace Express.

Prabowo menjelaskan, gerai ACES rata-rata memiliki luas 1.500 meter persegi (m), "Untuk mempercepat ekspansi, sekarang mau buka di bawah 1.000 m dengan Ace Express," ujarnya, Jumat (18/5).

Tak hanya itu saja, tahun ini, perusahaan ini juga akan menambah lima gerai baru Ace Express dengan kisaran luas 5.000 m untuk lebih mempercepat ekspansi. Langkah ini, kata Prabowo dilakukan lantaran Ace Hardwarelkesulitan mendapatkan lahan seluas 1.500 m-2.000 m.

Agar rencana ekspansi tak tertahan, ACES memilih memilih mendirikan gerap Ace Express yang ukurannya lebih mini.

Menurut Prabowo, pembukaan gerai lebih mini ini membutuhkan belanja modal atau capital expenditure (Capex) yang hampir sama dengan gerai besar yakni Rp 5 juta per meter. "Jadi kalau kami buka gerai dengan luas 5.000 m, per gerai Rp 25 miliar untuk Ace Express," ujarnya.

Ace Express kelak juga memiliki format yang lebih fresh. Salah satunya dengan penataaan digital TV. Salah satu yan akan buka di Tangerang City Mall di kawasan Tangerang.

Selain mempercepat ekspansi bisnis, perusahaan tersebut juga melihat ekspansi ini sejalan dengan target pasar Ace Express yakni untuk lebih mendekat diri kepelanggan. "Apalagi 90% pelanggan Ace itu pemilik rumah dan hanya 10% saja untuk profesional seperti hotel dan lainnya, dan rerata pelanggan kami menengah ke atas," ujarnya.

Meski akan ekspansi ke gerai yang lebih mini, kata Prabowo, ACES masih tetap mempertahankan gerai yang memiliki ukuran besar. Jika tak ada aral melintang, tahun ini, Aces akan membuka gerai Ace Hardware sebanyak 15 gerai dengan luas 1.500 m.

Jika merujuk histori, tahun lalu, ACES membuka 17 gerai baru dengan total luasan 37.000 m serta merelokasi dua gerainya. . Jumlah tersebut lebih tinggi ketimbang proyeksi awal yang ditargetkan buka 15 gerai saja.

Hingga saat ini, ACES memiliki 150 gerai Ace Hardware. Dan, sekitar 80% produk Ace dari impor. Walhasil, pelemahan rupiah terhadap dollar AS berdampak pada ongkos impor. "Tapi dampaknya saat ini tidak terlalu besar bagi Ace Hardware," ujar Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×