kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panorama Sentrawisata perkuat bisnis outbound


Kamis, 02 Februari 2017 / 07:55 WIB
Panorama Sentrawisata perkuat bisnis outbound


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Panorama Sentrawisata Tbk ingin memperkut bisnis outbound tourism. Melalui anak usahanya PT Panorama Tours Indonesia, perusahaan penyedia jasa pariwisata ini berencana mendorong pertumbuhan jumlah outbound ke negara destinasi wisata di luar negeri terutama negara Jepang.

Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode emiten PANR ini melihat potensi outbound ke negeri Sakura tersebut masih sangat menjanjikan karena merupakan salah satu negara destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia.

"Potensi orang Indonesia ke Jepang bagus. Negara tersebut merupakan top 3 destinasional Panorama Tour," kata AB Sadewa, Vice President Brand and Communication pada KONTAN, Rabu (1/2).

Sadewa mengungkapkan, tahun lalu pihaknya berhasil memberangkatkan sekitar 3.000 orang Indonesia berwisata ke Jepang melalui Panorama Tours Indonesia. Anak usahanya tersebut memang fokus untuk menggarap wisata outbound. Sementara destinasi lain yang masuk top 3 yang digarap perseroan adalah Korea dan Eropa Barat (Belanda, Italia, Prancis dan Swiss).

Untuk memuluskan rencana tersebut, PANR menjalin kerjasama dengan perusahaan travel asing yakni Japan Travel Bureau / JTB Corporation (JTB) lewat penjualan saham di Panorama Tours Indonesia.

PANR 29,38% kepemilikannya pada saham Panorama Tours dan juga kepemilikan anak usahanya PT Dutra Chandara Kencana sebesar 0,72% kepada JTB. Secara keseluruhan nilai penjualan 30,1% saham tersebut mencapai Rp 369,7 miliar.

Selain itu, JTB juga mengambil akan mengambil alih seluruh kepemilikan PT Weha Transportasi Indonesia pada Panorama Tours sebanyak 9,9% senilai Rp 121,6 miliar.

Dengan begitu, JTB akan menguasai 40% saham Panorama Tours. Namun PANR masih akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 60%. Rencana kerjasama ini telah diikat dengan Perjanjian Pengikatan Jual Beli Saham yang dilakukan pada 30 Januari 2017. Perjanjian kerjasama ini diharpakna rampung pada Maret 2017.

JTB merupakan salah satu perusahaan travel yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang dan telah mengoperasikan 520 kantor di 101 kota yang tersebar di 37 negara.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×