: WIB    —   
indikator  I  

Pasar motor trail bakal kebut-kebutan

Pasar motor trail bakal kebut-kebutan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan segmen motor trail semakin bertambah seru. Adalah Astra Honda Motor yang akan mencicipi pasar motor khusus jalan terjal ini. Tentu saja sang raja pasar trail yakni PT Kawasaki Motor Indonesia tidak akan tinggal diam.

Tak tanggung-tanggung, Kawasaki akan mengeluarkan tiga model baru yang akan diluncurkan bersamaan dengan Kawasaki Bike Week 2017 di Pantai Carnaval Ancol pada 18 November mendatang.

Michael Chandra Tanadhi, Deputi Department Head Sales & Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia menjelaskan, alasan tanggal tersebut memang sesuai jadwal yang ditetapkan pihak prinsipal. "Kami mengharapkan penjualan bisa mendongkrak Kawasaki di tahun fiskal kedepan," kata Michael, kepada KONTAN, Senin (13/11).

Saat ini KLX n menjadi varian andalan penjualan Kawasaki. Menyusul model Ninja 250. KLX sendiri sudah diproduksi di pabrik Cibitung. "Penjualan KLX pbisa mencapai 5.000 unit per bulan. Secara keseluruhan penjualan kami saat ini sekitar 7.000 unit," kata Michael.

Meski ada kompetitor baru, Michael yakin, masih bisa bersaing di pasar ini. "Tidak ada masalah ada kompetitor lain masuk ke pasar ini," kata Michael.

Mengingat model KLX masih ngetren, pihak Kawasaki belum berencana mengeluarkan pembaruan model. "Model ini tidak hanya untuk hobi, kini juga sudah untuk pemakaian sehari-hari," ujarnya.

Tapi, KLX harus siap menghadapi produk keluaran Astra Honda Motor (AHM) yang akan meluncurkan motor on-off sport All New Honda CRF150L. Tersedia dengan warna extreme red dipasarkan dengan harga on the road DKI Jakarta Rp 31,8 juta.

Presiden Direktur Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma mengatakan, dalam tiga tahun terakhir Honda terus meriset motor pasar off-road di Indonesia. All New Honda CRF150L mengusung konsep on-off sport bagi pengendara di Indonesia untuk melengkapi jajaran motor Honda CRF series yang sudah hadir sebelumnya, yakni CRF1000L Africa Twin dan CRF250Rally. "Kami percaya dengan harga jual yang lebih murah dibandingkan kompetitor ,tapi masih mempunyai performa motor yang baik," kata Inuma.

Model ini dirakit di pabrik kedua Astra Honda Motor, dengan target penjualan sebanyak 35.000 unit per tahun. "Kami memperkirakan, tahun ini bisa dapat 5.000 unit," kata Thomas Wijaya, Direktur Marketing Astra Honda Motor.

Di All New Honda CRF150L tertanam mesin 150cc SOHC PGM-FI dengan fitur seperti long travel inverted front fork, ban dual purpose dan velg ukuran besar, serta wavy disc brake yang mendukung kemampuan jelajah optimal

Wakil Presiden Direktur Astra Honda Motor Johannes Loman mengatakan, saat ini gaya hidup konsumen sangat beragam dan kecenderungan motor sebagai sarana penyaluran hobi di Indonesia terus meningkat. "Model ini telah lama ditunggu oleh pecinta motor on-off sport di tanah air untuk menjadi kendaraan yang dapat dibanggakan," terang Loman.

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala mengatakan segmen motor off-road ini memang mulai bertumbuh. Hal ini seiring dengan meningkatnya hobi masyarakat yang ingin mencoba sepeda motor di trek off road. "Juga sekaligus sebagai sepeda motor operasional di medan perkebunan dan pertambangan," kata Sigit.


Reporter Eldo Christoffel Rafael
Editor Sanny Cicilia

OTOMOTIF

Feedback   ↑ x
Close [X]