kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelabuhan Gresik terapkan sistem Inaportnet


Selasa, 10 Oktober 2017 / 21:15 WIB
Pelabuhan Gresik terapkan sistem Inaportnet


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akhirnya mulai menerapkan sistem informasi layanan kepelabuhanan Inaportnet di Pelabuhan Gresik pada Selasa (10/10). Pelabuhan Gresik menjadi pelabuhan keempat yang mengaplikasikan sistem ini. Sebelumnya aplikasi ini diterapkan di Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Pelabuhan Gresik dipandang telah memiliki sistem yang memadai untuk menunjang Inaportnet," ujar Agustinus Maun, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gresik dalam keterangan tertulis, Selasa (10/10).

General Manager Pelindo III Gresik Onny Djayus menambahkan, sistem layanan daring seperti Inaportnet akan memudahkan pengguna jasa mulai dari sistem pembayaran, pemantauan kapal hingga pengajuan dokumen-dokumen untuk kelengkapan kapal. Pengguna jasa tidak perlu lagi datang ke KSOP atau kantor Pelindo III. Mereka hanya perlu mengakses melalui perangkat elektronik yang dimiliki dan didukung jaringan internet yang baik.

"Ini membuat waktu pengurusan dokumen menjadi lebih efisien," imbuhnya.

Asal tahu saja, sistem Inaportnet merupakan sistem layanan berbasis daring yang digunakan dalam proses permohonan pelayanan kapal sampai dengan penerbitan izin pengoperasian kapal, mulai dari kapal masuk, kapal tambat, kapal tunda hingga kapal keluar termasuk pembayaran.

Adapun sejumlah dokumen yang diterapkan secara daring melalui Inaportnet meliputi:Surat Pemberitahuan Kedatangan Kapal (SPKK), Surat Persetujuan Kapal Masuk (SPKM), Pemberitahuan Rencana Kegiatan Bongkar Muat (PRKBM), Perencanaan dan Penetapan Penyandaran Kapal (PPPK), Laporan Pemberitahuan Pemasukan/Pengeluaran Barang (LAB), Pemberitahuan Kapal Keluar (LK3), serta Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Proses pengisian informasi data di Inaportnet inipun terintegrasi dengan sistem informasi yang diterapkan di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yakni Integrated Billing System (IBS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×