Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali mengeluh tagihan listrik bulan Mei 2020 melonjak tajam. Padahal mereka merasa pada Mei tidak memakai listrik terlalu banyak karena momen ramadan.
Melalui akun media sosial mereka mengungkapkan kekecewaannya. Misalnya, akun @kecialkuning pada tagihan listrik Mei hampir Rp 700.000 dari yang biasanya Rp 350.000. Padahal dirinya tak memakai mesin cuci dan tidak setrika pakaian. "PLN bilang ada kebocoran jaringan," tulis dia kemarin.
Baca Juga: Tansaksi token listrik mengalami gagal kirim, ini penjelasan PLN
Tagihan Mei hmpr 700 rb, dr yg biasanya 350 rb. Sy minta penjelasan ke @pln_123 di jwb pemakaian listrik sy melonjak. Sy menolak krn kebetulan mei ini sy tdk pakai mesin cuci dan tdk setrika, mustahil melebihi bln sblmnya, Pln bilang mungkin ada kebocoran jaringan. Hadeh. — kecialkuning (@kecialkuning1) May 31, 2020
Pelanggan lain juga mengeluh tagihan listrik Mei melonjakl drastis.
Saya punya tagihan Mei 2020, ga ada petugas cater datang. Eh ga tau nya meter listrik saya dihitung lebih dr 2x lipat tagihan rata2 3 blm seblm Mei 2020.
Bisa dibantu jelasin cara ngitung rata2 pemakaian listriknya min? — Yudi (@darmalaksana99) May 31, 2020
Lalu ada juga pelanggan yang mengeluh tagihannya bisa sampai Rp 650.000 pada Mei ini.
Haloo @pln_123. .Seumur2 biaya listrik paling mahal gak sampe 400 ribu . Lha ini yg gak laporan bilangnya biayanya avg 3 bln terakhir. Tp mei ini tagihan 650 rb.. ngitung avg nya make apa ya ? ..... — Toyo Purmer (@TPurmer) May 30, 2020
Seperti diketahui, bahwa sebelumnya petugas PLN sudah menyambangi rumah-rumah warga pada Mei kemarin. Pada Mei lalu, PT PLN memastikan akan melakukan pencatatan meter secara langsung ke rumah pelanggan pascabayar untuk tagihan rekening bulan Juni 2020.
Pembacaan meter dilakukan dengan tetap memperhatikan Pedoman Pencegahan Pengendalian Covid-19 Kementerian Kesehatan RI untuk antisipasi penyebaran Covid-19 yaitu dengan menggunakan standar APD (Alat Pelindung Diri).
Baca Juga: Gagal transaksi token listrik, pelanggan PLN juga protes ke perbankan dan e-commerce
"Akhir bulan Mei ini petugas kami akan kembali mencatat ke rumah pelanggan untuk rekening bulan Juni.Hal ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik dengan penggunaan listrik oleh pelanggan," ungkap Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/5).
PLN juga menyiapkan layanan Lapor stand meter mandiri (Baca Meter Mandiri) melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) PLN 123 dengan nomor 08122123123, pelaporan mandiri pelanggan bisa dilakukan pada tanggal 24-27 setiap bulannya. Pelaporan mandiri pelanggan yang valid akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik.
"Jadi kalau pelanggan mengirimkan angka stand kwh meter dan kami nyatakan valid, kami akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening. Meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan," tutur Bob.
Pilihan terakhir, jika pelanggan tidak mengirimkan laporan mandiri melalui WhatsApp dan lokasi rumah pelanggan tidak bisa didatangi oleh petugas, maka PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar perhitungan rekening listrik. Implikasinya akan ada penyesuaian tagihan rekening listrik ketika nanti petugas PLN melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan.
Baca Juga: Pagi ini, pelanggan PLN masih protes token listrik gagal input ke meteran
"Meskipun demikian, ada wilayah yang ditutup karena protokol Covid-19, tentu kami tidak bisa melakukan pencatatan. Jika demikian kami akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar tagihan rekening listrik," tambah Bob.
Untuk pembayaran listrik atau pembelian token, PLN juga mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan layanan online dalam melakukan pembayaran tagihan atau pembelian token listrik. Pembayaran listrik dapat dilakukan di mana saja tanpa harus mendatangi kantor PLN.
Di antaranya melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking, Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) seperti Link Aja, Gopay, dan sebagainya ataupun melalui aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan sebagainya.
Tidak hanya pembayaran, pelanggan PLN juga dapat memaksimalkan pelayanan PLN secara online melalui Contact Center PLN 123 ataupun Aplikasi PLN Mobile, baik untuk layanan informasi tagihan, sambung baru, perubahan daya, penyambungan sementara maupun pengaduan pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News