Pelesiran ke tujuan wisata baru

Senin, 23 April 2012 | 10:42 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, Edisi 23 - 29 April 2012
Pelesiran ke tujuan wisata baru

Vincenzo yang dibintangi Song Joong Ki menjadi drama Korea terpopuler minggu kedua April.


Musim liburan panjang anak sekolah di bulan Juni–Juli, sebentar lagi tiba. Anda masih bingung mau jalan-jalan ke mana? Jika luar negeri menjadi pilihan Anda, kini, ada banyak tawaran destinasi wisata baru, lo.

Salah satunya adalah Uni Emirat Arab. Sejumlah biro perjalanan menjadikan negara di Timur Tengah ini sebagai paket wisata baru. Negeri ini menjadi buruan turis mancanegara, termasuk Indonesia, lantaran di salah satu kotanya, Dubai, berdiri gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa. Tinggi gedung ini mencapai 828 meter.

Tak hanya itu. Di Abu Dhabi, Ibukota Uni Emirat Arab, ada taman bermain indoor terbesar di muka bumi ini. Namanya Ferrari World dengan luas 200.000 meter persegi. “Mereka yang mempunyai bujet butuh tempat baru untuk berwisata,” kata Putu Ayu Aristyadewi, Head of Marketing and Communication Smailing Tour.

Ya, minat orang Indonesia untuk pelesiran ke luar negeri memang masih tinggi. Tengok saja pemesanan paket wisata di Smailing Tour sepanjang Januari hingga Maret tahun ini yang naik sekitar 15% ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Sampai akhir tahun, agen wisata ini berani memasang target kenaikan pemesanan paket wisat sekitar 20%. Sedangkan Panen Tour menargetkan peningkatan pemesanan sebesar 30% dibadingkan tahun lalu.

Ini berarti, ekonomi Indonesia yang sedikit melesu akibat terkena efek krisis keuangan global tak menyurutkan animo masyarakat untuk berlibur ke negeri orang. “Kelihatannya tidak besar dampaknya, apalagi belanja wisata sudah direncanakan jauh hari,” ujar Putu.

Menurut Yuan Valentino, Outbond Tour Staff Panen Tour, animo masyarakat berwisata ke luar negeri tetap tinggi karena banyak agen perjalanan menawarkan paket wisata murah. “Belanja untuk berwisata tidak surut, malah naik terus,” katanya.

Di zaman sekarang, berwisata sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan bagi sebagian masyarakat kita. Dan, jalan-jalan ke luar negeri menjadi pilihan utama. “Porsi wisata luar negeri di agen perjalanan bisa 70%, jadi sangat berpengaruh ke bisnis kami,” ungkap Yuan.

Makanya, tiap tahun, agen perjalanan meluncurkan paket-paket wisata baru. Apa saja? Berikut paket yang bisa masuk pilihan tujuan pelesiran Anda pada musim liburan tahun ini:

Uni Emirat Arab-Turki

Uni Emirat Arab menjadi destinasi wisata baru. Tapi, mayoritas agen perjalanan menggabungkannya dengan Turki dalam paket wisatanya. Contoh, Anta Tour menawarkan paket wisata Turkey Dubai Abudhabi + Ferrari World. Bahkan, Smailing Tour memasukkan Uni Emirat Arab sebagai Top Five Destinations of The World. Makanya, mereka punya paket Super Abudhabi–Dubai.

Tarif paket wisata Uni Emirat Arab–Turki di masing-masing agen perjalanan berbeda. Smailing Tour membuka harga jalan-jalan ke dua negara itu selama 12 hari mulai US$ 2.088 per orang. Anta Tour membuka tarif mulai US$ 2.488 per orang.

Yang menarik dari paket ini adalah lokasi wisata di dua negara itu memiliki tema yang berbeda. Tempat wisata di Uni Emirat Arab bernuansa modern. Ambil contoh, di Kota Dubai, bercokol Burj Khalifa, gedung pencakar langit paling tinggi di dunia.

Lalu, di Abu Dhabi terdapat Ferrari World. Atraksi utama di taman bermain ini adalah Formula Rossa, roller coaster tercepat di dunia dengan kecepatan 240 kilometer per jam. Uniknya, roller coaster ini menggunakan replika mobil balap Formula Satu (F1) Ferrari. “Semua replika mobil Ferrari yang dibalapkan ada di sana,” tutur Adhia Pradana, Tour Leader Ananda Tour.

Sementara di Turki, Anda akan diajak ke tempat-tempat wisata bersejarah, seperti Pergamon Acropolis, untuk melihat Altar Zeus, Kuil Athena, dan Kuil Trojan. Lalu, Anda bakal dibawa mengunjungi Ephesus, situs arkeologi terbesar di dunia.

Afrika Selatan

Tahun ini, sejumlah agen perjalanan gencar menjual paket wisata ke Afrika Selatan atau menjadikan negara ini sebagai destinasi anyar. Soalnya, penyelenggara Piala Dunia 2010 ini punya banyak tempat wisata yang indah dan unik.

Panen Tour, misalnya, menawarkan paket wisata ke Afrika Selatan dengan tajuk South Africa Splendour, dengan biaya US$ 3.558 per orang. Golden Rama Tours and Travel menyediakan paket bernama South Africa Golden Route selama 10 hari, dengan biaya mulai US$ 3.258 per orang.

Pertama-tama, Anda akan dibawa berkeliling Kota Johannesburg. Di ibukota Afrika Selatan ini, Anda bakal mengunjungi antara lain gedung parlemen, balai kota, kuil Good Hope, dan stadion Soccer City yang menjadi tempat laga perdana dan final Piala Dunia 2010.

Objek wisata lain yang bakal Anda sambangi antara lain bekas pertambangan emas Gold Reef City, Seal Island untuk melihat anjing laut, Pantai Boulders untuk menyaksikan pinguin, dan perkebunan anggur di Stellenbosch. Tidak ketinggalan, Anda akan mengunjungi Sun City, kota judi dan pusat hiburan kelas tinggi.

Daya tarik lain paket wisata ke Afrika Selatan adalah berpetualang ke alam liar. Dengan tajuk Safari Game Drive, Anda akan dibawa ke Taman Nasional Pilanesberg untuk melihat secara langsung binatang-binatang khas Afrika, semisal singa, gajah, dan jerapah.

Selain itu, Anda akan berkunjung juga ke Cango Wildlife Ranch, tempat penangkaran cheetah dan buaya. Perjalanan Anda selanjutnya menuju Ostrich Farm, peternakan burung unta. Hanya, “Sekarang ini peminat ke Afrika Selatan mulai kalah dengan Eropa Timur,” papar Adhia Pradana.

Eropa Timur

Belakangan ini, makin banyak masyarakat Indonesia yang memilih Eropa Timur sebagai tujuan liburan mereka. Agen perjalanan pun berlomba-lomba menawarkan paket wisata ke Eropa Timur.

Anta Tour, misalnya, menawarkan paket wisata Trans Balkan + Dracula Castle. Perjalanan wisata selama 13 hari ini akan mengunjungi beberapa negara sekaligus. Harganya mulai US$ 3.198 per orang. Sementara, Smailing Tour menyiapkan paket Beautiful Eastern Europe + Switzerlands mulai US$ 2.388 per orang. “Paket ini masuk program cost saver,” beber Putu Ayu.

Berwisata ke Eropa Timur tentu berbeda dengan Eropa Barat yang mewah dan maju. Tapi, justru di situ letak keunggulan Eropa Timur sebagai tujuan wisata. Secara umum, di Eropa Timur, wisatawan akan lebih menikmati keindahan alam yang berbukit, danau, dan salju. “Kondisi alam Eropa Timur dicari oleh banyak wisatawan,” tutur Adhia.

Selain itu, wisata kota di Eropa Timur tak kalah menarik ketimbang kota-kota di Eropa Barat. Contohnya, di Budapest, Hungaria, Anda akan menyaksikan gereja St. Mathias, gedung parlemen, dan istana kerajaan yang memiliki desain mengagumkan. Yang tidak kalah seru, Anda bakal dibawa ke kamp konsentrasi Auschwitz di Polandia. Ini merupakan tempat tentara Nazi Jerman membantai sekitar satu juta orang Yahudi.

Tertarik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru