Penerbangan Surabaya-Sumenep tunggu izin slot

Senin, 24 Juli 2017 | 16:06 WIB Sumber: Antara
Penerbangan Surabaya-Sumenep tunggu izin slot


SURABAYA. Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menyampaikan penerbangan perdana pesawat komersial rute Surabaya ke Sumenep di Pulau Madura masih menunggu izin "slot" dari otoritas bandar udara setempat.

"Sudah diajukan slotnya, namun sekarang masih menunggu izin. Kalau sudah ada izin maka bisa dimulai penerbangan perdananya," ujar Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Wahid Wahyudi ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Senin (24/7).

Selain itu, penerbangan perdana menggunakan pesawat jenis ATR-72 berkapasitas 70 penumpang tersebut, nantinya juga menunggu hasil analisis kelayakan maskapai Wings Air dari sisi bisnis "plan"-nya.

"Saat ini maskapai sedang menganalisisnya. Jika sudah dinyatakan layak dan pengajuan slot selesai maka penerbangan perdana segera dilaksanakan," ucap mantan penjabat Bupati Lamongan tersebut.

Tak itu saja, Kadishub juga memastikan bahwa saat ini pihak otoritas bandara akan mengevaluasi gedung terminal bandara setempat, terutama dari sisi keamanan jika nantinya dioperasikan secara komersial.

Sebelumnya, pada Sabtu (22/7), maskapai Wings Air melakukan penerbangan percobaan dengan menggunakan pesawat ATR-72 dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Bandara Trunojoyo Sumenep dan sebaliknya.

Penerbangan tanpa penumpang itu merupakan kegiatan operasi dari rencana membuka jalur penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo menjelaskan bahwa penerbangan percobaan yang dilakukan Wings Air merupakan kegiatan teknis operasi dari rencana rute tersebut.

"Alhamdulillah, Bandara Trunojoyo sudah terbukti layak untuk aktivitas penerbangan pesawat ATR-72. Terkait penentuan tarif penerbangan komersial yang merupakan kegiatan niaga, kami tidak bisa ikut campur tangan," tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Sumenep mengapresiasi rencana penerbangan komersial ini dan berkomitmen terus bersinergi dengan Otoritas Bandara Trunojoyo agar penerbangan komersial segera terealisasi.

"Semoga saja semuanya berjalan lancar dan selanjutnya penerbangan perdana untuk rute komersial Sumenep-Surabaya itu bisa dilakukan pada Desember 2017," kata Bupati Sumenep Busyro Karim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru