kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengamat sebut Tol Trans Jawa jadi kunci lancarnya arus mudik 2019


Rabu, 19 Juni 2019 / 20:35 WIB
Pengamat sebut Tol Trans Jawa jadi kunci lancarnya arus mudik 2019


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perjalanan mudik Lebaran tahun 2019 yang lancar, baik melalui Tol Trans-Jawa, Tol Trans-Sumatera, maupun jalur arteri, diakui dan diapresiasi sejumlah pihak.

Pakar tata kota Yayat Supriyatna berpendapat, penyebab lancarnya arus mudik tahun ini terutama karena peran tol Trans Jawa yang amat menentukan.

Kemudian, kebijakan merelokasi gerbang tol Cikarang Utama, kata dia, juga mampu mengurai penumpukan antrean kendaraan yang sebelumnya terpusat di lokasi itu, baik yang menuju Cipali maupun yang ke Purbaleunyi.

’’Kata kuncinya sinergi pemangku kepentingan dalam membuat sistem untuk kelancaran pergerakan sejuta lebih kendaraan,’’ ujar Yayat dalam pernyataannya, Rabu (19/6).

Menurutnya, mengatur kelancaran satu juta lebih kendaraan antarkota dalam satu periode waktu yang sama, bukanlah hal yang mudah.

Dia mengatakan, sinergi antara BPJT, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, BUJT, Korlantas Polri, dan peran penting Waskita Toll Road tahun ini sangat baik sehingga masyarakat merasa sangat terbantu.

Presiden Direktur PT Waskita Karya (Persero) TBK I Gusti Ngurah Putra menyatakan, kelancaran arus mudik tahun ini antara lain karena optimalisasi ruas-ruas tol Trans Jawa yang dikelola perseroan.

Di antaranya, ruas tol Pejagan – Pemalang Seksi 3 dan 4, ruas Tol Batang – Semarang, ruas Tol Salatiga – Kartasura, serta ruas Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi.  

’’Kami terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mulai dari proses pembangunan infrastruktur jalan tol, hingga berbagai ruas yang sudah kami operasikan. Itu komitmen yang terus kami jaga dan tingkatkan setiap tahun,’’ ujar I Gusti Ngurah Putra

Terkait peran Waskita Karya tersebut, Yayat menilai, akan semakin tampak pada masa-masa mendatang saat elevated tol sudah rampung dan bisa dioperasikan.

"Jika elevated tol sudah jadi, yang salah satunya dikerjakan Waskita Karya, kebijakan one way seperti diterapkan mudik tahun ini, bisa dilakukan di atasnya. Dengan adanya elevated tol akan ada perubahan siginifikan, arus keluar Jakarta saat mudik tahun depan semakin lancar,’’ tutur Yayat.

Dari sisi pelaku bisnis, muncul pandangan dan optimisme yang sama. Sekjen Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi), Andi Rukman Karumpa, berpendapat bahwa tol trans jawa jadi faktor kunci kelancaran mudik tahun ini.

Dari Jakarta ke Surabaya menurutnya bisa ditempuh di bawah 10 jam, yang sebelumnya bisa mencapai 15 hingga 16 jam.

Karena itu, dia meminta pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur karena daya saing bangsa ditentukan oleh penyediaan infrastruktur.

Lewat infrastruktur, daya saing Indonesia 2019 melesat 11 peringkat ke atas tahun ini. Indonesia kini bertengger di urutan ke-32. Sebelumnya, tahun 2018 berada di peringkat ke-43.

’’Ini adalah lompatan daya saing tertinggi sejak republik ini berdiri,” ujar Andi. (Willy Widianto)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengamat: Tol Trans Jawa Kunci Lancarnya Arus Mudik Tahun 2019

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×